oleh

Kapolri Pimpin Upacara HUT Satpam Ke-39, Ini Arahan Kapolri

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Kapolri Jenderal Drs. Idham Azis menghadiri Peringatan HUT Satpam Ke-39 tahun 2019 yang diselenggarakan di Lapangan Hitam Sepolwan Lemdiklat Polri, selain Kapolri, acara tersebut juga dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana, Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Raden Prabowo Argo Yuwono beserta Pejabat Utama Mabes Polri (22/01/2020).

Peringatan HUT Satpam Ke-39 ini mengusung tema “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja menuju Indonesia Maju,” ucapnya.

Pada Pidato Pertama setelah resmi dilantik sebagai Presiden Periode 2019-2024, bertempat di Gedung MPR RI pada (20/10/2019) Ir. H. Joko Widodo mengatakan “Tugas kita bukan hanya membuat dan melaksanakan kebijakan, tetapi tugas kita adalah membuat masyarakat menikmati pelayanan, menikmati hasil pembangunan,” katanya.

Terkait peringatan HUT Satpam Ke-39 yang mengandung unsur SDM yang unggul dan menciptakan situasi kondusif menuju Indonesia Maju, telah membuktikan bahwa keseriusan masyarakat Indonesia menjadi SDM yang unggul menuju Indonesia Hebat sesuai salah satu tujuan Presiden RI.

Dasar untuk terciptanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan menjadikan Indonesia Hebat adalah kembali lagi dari masyarakat itu sendiri, kegiatan-kegiatan yang terus melatih masyarakat menjadi SDM yang unggul bersifat positif dan didukung Pemerintah.

Dalam amanatnya di peringatan HUT Satpam Ke-39, Kapolri Drs. Idham Azis memberikan apresiasi kegiatan peringatan HUT Satpam Ke-39 tersebut, dikarenakan sejalan bersamaan dengan Kepolisian yaitu bersama-sama menciptakan situasi yang kodusif dan terjaminnya keamanan masyarakat maupun lingkungan kerja demi Indonesia Hebat.

Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk satuan pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya.

“Kehadiran satpam sebagai mitra polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel satuan pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi,” kata Kapolri.

Kapolri juga berpesan untuk meningkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, sehingga dapat segera diantisipasi dengan optimal, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri dan seluruh stakeholders lainnya dalam memelihara stabilitas keamanan di lingkungan kerja.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-39 kepada seluruh personel satuan pengamanan di manapun bertugas. Momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang,” ucap Kapolri.

Dalam kegiatan tersebut Kapolri menyerahkan pin penghargaan kepada tiga Satpam yang memiliki prestasi dalam pengabdiannya dalam bertugas, yakni Salman Alfarisi, Maryadi, dan Sofyan.

(Piya Hadi)

Komentar