oleh

Kembali Kominfo Temukan 196 Hoax Virus Corona

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan 196 hoax terkait virus corona (Covid-19) per hari ini Kamis (12/3/2020). Beberapa hoax terbaru di antaranya “Menara Mulia, Jakarta Selatan disterilisasi karena ada karyawan Nokia yang meninggal dunia karena virus corona.”

Padahal, faktanya pihak Nokia menyebutkan bahwa penyebab meninggalnya karyawan bukan karena Covid-19. Kemudian muncul hoax tentang “Pangeran Uni Emirat Arab dikabarkan positif Covid-19”.

Untuk diketahui, Dirjen Aplikasi dan Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menerangkan, penyebaran hoax terkait virus corona terjadi sangat cepat. Lanjutnya, hal itu disebabkan masyarakat tidak melihat informasi berkenaan virus korona secara rasional.

 

Temuan hoax tertinggi mengenai penyebaran virus korona terjadi pada pekan 27 Januari sampai 2 Februari. Kominfo menemukan sebanyak 42 topik hoax berkembang di warga, terkait penyebaran virus COVID-19 dalam kurun waktu tersebut.

Tindakan mulai dari pemblokiran, penghapusan konten, hingga tuntutan hukum disiapkan oleh Kominfo menghadapi penyebaran hoax di ranah digital. Semuel menegaskan perlunya dukungan serta kesadaran semua pihak dalam menangkal hoax berkenaan corona tersebut.

(pmj/Cecep).

Komentar