oleh

Kembangkan Potensi Wilayah, Bappeda Gelar Lomba Rancang Kampung Tematik

-Megapolitan-155 Dilihat

Inilahonline.com (Kota Bogor) – Dalam rangka mendorong masyarakat kota Bogor untuk berinovasi dalam menata dan mengembangkan potensi kawasan lingkungan unggulan di kelurahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor akan menggelar Lomba Rancang Kampung Tematik Kota Bogor Tahun 2017 bulan Agustus mendatang.

“Dengan memanfaatkan kearifan lokal, diharapkan terbentuk tidak hanya visi tetapi budaya kreatif dan ikonik dengan dibimbing para relawan. Nantinya setiap kelurahan akan didampingi relawan yang sampai saat ini jumlahnya 83 orang yang telah mendaftar,” ujar Kepala Bappeda Kota Bogor, Erna Hernawati.

Erna menyebutkan, relawan tersebut terdiri dari 51 orang dari Universitas Pakuan (Unpak) Bogor, 8 orang dari Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor, 2 orang dari Ikatan Arsitek Lanscape Cabang Bogor, 2 orang dari Kota Wisata dan 20 orang dari IPB dengan strata S2 dan S3.

Ia berharap kegiatan ini dapat memiliki dampak dalam mengingkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Untuk pelaksanaan Lomba Rancang Kampung Tematik bagi Keluarahan se-Kota Bogor ini digelar sampai dengan bulan Agustus 2017.

“Insya Allah bulan September sudah didapatkan pemenangnya. Total hadiah ada Rp. 100 juta bagi para juara, selain tentunya piagam penghargaan,” beber Erna.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya berharap dengan adanya lomba ini mampu melakukan akselerasi percepatan, disamping untuk mengapresasi dan mengakomodir banyaknya ide, gagasan dan inovasi dari warga, khususnya bagi anak muda.

“Pengalaman saat lomba desain tugu dan gapura batas kota, itu luar biasa. Saya harap titik-titik eksotik di Kota Bogor semakin terlihat dengan melibatkan warga, keterbatasan ide yang kita miliki menjadi tidak terbatas,” jelas Bima.

Langkah selanjutnya sambung Bima adalah mensosialisasikan, ini hal yang utama dan harus dilakukan secara maksimal baik di dunia nyata maupun dunia maya, sehingga mendapat respon positif dan disambut dengan antusias oleh warga Kota Bogor. (humas:rabas/indra) SZ

banner 521x10

Komentar