oleh

Kemenag Kabupaten Bogor Kembali Gelar Kompetisi Sains Madrasah 2019

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bogor kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten 2019.

Penyelenggaraan kegiatan KSM tahun ini akan dipusatkan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bogor, pada 20 Juli 2019.

Menurut pelaksana tugas Kepala Seksi (Plt. Kasi) Pendidikan Madrasah, Romdon mengatakan, kegiatan rutin yang digelar rutin setiap tahunnya ini tidak hanya terbuka untuk murid madrasah saja, melainkan juga murid dari sekolah umum. “KSM terbuka untuk semua, baik siswa madrasah maupun sekolah umum dan sudah ada 435 peserta yang lolos verifikasi termasuk sekolah umum favorit di Bogor,” ujarnya

Sekretaris KSM Kabupaten Bogor, Miftachul Huda mengungkapkan bahwa KSM Tingkat Kabupaten Bogor ini merupakan kelanjutan dari KSM pada satuan pendidikan maupun Kelompok Kerja Madrasah Tingkat Kecamatan.

Pelaksanaan KSM ini akan terbagi dalam tiga jenjang, yaitu madrasah ibtidaiyah (MI) dan sederajat, madrasah tsanawiyah (MTs) dan sederajat, serta madrasah aliyah (MA) dan sederajat. Bidang studi yang dilombakan untuk jenjang MI adalah mata pelajaran Matematika dan IPA.

“Untuk jenjang MTs, akan melombakan bidang studi Matematika, IPA, dan IPS. Untuk tingkat MA, bidang studi yang dilombakan meliputi Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi. Semua soal kali inimembawa pesan integrasi sains dengan ilmu keislaman. Hal ini bertujuan untuk menghindari dikotomi antara ilmu umum dan ilmu agama (keislaman),” jelas Huda.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, Dadang Ramdani

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bogor, Dadang Ramdani selaku Pengarah Komite KSM Kabupaten Bogor mengatakan, pihaknya bberharap, bahwa kegiatan KSM tahun 2019 ini mampu menghasilkan siswa yang berkualitas, sehingga dapat membawa nama harum Kabupaten Bogor ditingkat Provinsi Maupun Nasional.

Lebih lanjut Ramdani mengatakan, Kemenag Kabupaten Bogor juga berharap KSM Kabupaten Bogor menjadi momentum untuk bangkit mencetak prestasi di level nasional yang sudah sekian lama kita impikan.

“Jadikan KSM kali ini sebagai momentum untuk memacu para guru, kepala madrasah, dan pengawas untuk semakin meningkatkan mengelola pendidikan dan membina murid tidak secara instan, tetapi membutuhkan proses yang panjang dan terus menerus,” ujar Dadang.

Sementara itu, Asep Ruhiat selaku Ketua KSM Kabupaten dan sekaligus tuan rumah pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten mengaku siap menggelar KSM tahun ini. Kepala MAN 1 Bogor yang meraih gelar Doktor Pendidikan ini menyambut baik madrasah yang dipimpinya ditunjuk menjadi tuan rumah.

“Pada prinsipnya saya menyambut baik penunjukan MAN 1 Bogor sebagai tuan rumah pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten Bogor tahun ini. Untuk itu, kami akan persiapkan semaksimal mungkin agar para peserta dapat mengikuti secara nyaman,”ujar Asep.

(Piya Hadi)

Komentar