oleh

Kemenlu Adakan Diplomasi Festival di Kota Semarang

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu RI) mengadakan lomba Diplomacy Festival atau Diplofest di Kota Semarang yang berlangsung selama dua hari, Kamis – Jumat (29-30/8/2019). Lomba dengan menyasar para mahasiswea dan pelajar di Kota Lunpia, untuk memberikan pengetahuan baru tentang diplomasi dan komunikasi dengan berbagai negara.

Direktur Informasi dan Media Kemenlu Listiana Operananta mengatakan , Diplofest diselenggarakan bekerja sama dengan Pemprov Jateng dan Pemkot Semarang, yang diharapkan dapat menginspirasi generasi muda Semarang, khususnya mahasiswa dan pelajar untuk menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia.

“Diplomasi Indonesia adalah milik bersama, sesuai hashtag #IniDiplomasi. Sebelumnya, Diplofest telah diselenggarakan di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Padang dan Makassar. Bahkan lebih dari 40.000 mahasiswa dan pelajar telah mengenal #IniDiplomasi melalui simulasi sidang internasional,” ujarnya dalam pers conference di Kantor Gubernur Jateng, Rabu (28/8/2019),.

Menurutnya, kegiatan ini juga untuk memahami tugas-tugas diplomat dan kerja politik luar negeri RI, termasuk berbagai informasi yang dibagikan seiring kesempatan bagi mahasiswa meraih beasiswa dalam dan luar negeri.

”Rangkaian kegiatan Diplofest, akan dimulai pada Kamis, 29 Agustus 2019 dengan kuliah umum di enam universitas di Semarang meliputi Unwahas, Unika Soegijapranata, Unnes, Unissula, Unimus, dan UKSW Salatiga,,”paparnya.

Diplofest, tutur Listiana, dengan menampilkan narasumber dari masing-masing universitas yang merupakan pelaku diplomasi luar negeri terdiri dari pejabat Kementerian Luar Negeri yang pernah juga menjabat sebagai Kepala Perwakilan Rl di luar negeri.

Puncak rangkaian kuliah umum adalah talkshow bersama Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi pada hari Jumat, 30 Agustus 2019, pukul 09.00 WIB – 11.00 WIB di Auditorium Prof Soedarto Universitas Diponegoro (Undip).

“Pada kuliah umum di Undip, Menlu RI akan menyampaikan pencapaian-pencapaian Kemenlu RI dan Diplomasi RI, serta berbagi cara bagaimana generasi muda Semarang dapat menjadi Duta lndonesia,” tutur Aziz Nurwahyudi.

Menurut Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI, untuk Festival Diplomasi akan diselenggarakan pada Jumat, 30 Agustus mulai pukul 10.00 WIB di Simpang Lima Semarang dan akan diikuti 20.000 pelajar dari berbagai universitas, SMA, SMK, Madrasah, serta SLB di Semarang juga akan terlibat aktif di acara tersebut.

Dalam festival tersebut para pelajar akan berkesempatan untuk mengunjungi berbagai booth yang dibagi dalam beberapa area. Area Edufair, akan menghadirkan perwakilan kedutaan, konsulat dan institusi asing sebagai bagian dari area Friends of Indonesia.

Selain itu, para pengunjung diajak untuk belajar budaya asing dan memperoleh informasi pendidikan dari lembaga pemberi beasiswa di area. Edufair juga akan menghadirkan perwakilan universitas di Semarang serta menyebarkan informasi dan kesempatan Beasiswa LPDP.

Sementara pada area soft skill, para pelajar dapat ikut merasakan menjadi wakil lndonesia membahas isu perdamaian dunia dalam simulasi sidang Dewan Keamanan PBB, serta bernegosiasi dengan negara lain dalam simulasi sidang bilateral.

“Diplofest akan ditutup dengan menghadirkan penampilan musik dari penyanyi Afgan dan Danilla serta sejumlah musisi ternama lainnya. Diplofest terbuka untuk umum dan tidak dikenakan biaya,” ujar Aziz.

(Suparman)

Komentar