Kepala Desa Cijujung dan Cilebut Barat Kabupaten Bogor Dapat Penghargaan “Paralegal Justice Awards” 2023

Berita, Jawa Barat194 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BANDUNG – Kepala Desa Cijujung dan Kepala Desa Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor meraih penghargaan “Paralegal Justice Awards” Kementirain Hukum dan HAM (Kemenkumham). Pemberian Penghargaan “Paralegal Justice Awards” Anubawa Sasana Medali Desa/keluarahan Sadar Hukum tahun 2023,  akan diserahkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar, di Aula Barat Gedung Sate Kota Bandung, Sabtu (2/9/2023)

Desa dan Keluarahan penerima penghargaan Sadar Hukum ini diantaranya ada 10 desa dari 5 kecamatan di kabupaten Bogor yang telah memenuhi kriteria sebagai Desa Sadar Hukum Pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan ketentuan dalam Peraturan kepala Badan pembinaan Hukum Nasional Nomor : PHN.03.05.73 Tahun 2023 tentang Pembentukan dan Pembinaan keluarga sadar Hukum dan Desa/kelurahan Sadar Hukum.

Untuk Provinsi Jawa Barat ada 29 orang Kades dan Lurah menjadi penerima penghargaan bersama dengan 275 orang Kades dan Lurah lainnya se-Indonesia. Diantaranya Kepala Desa yang menerima penghargaan tersebut adalah Kepala Desa Cijujung dan Kepala Desa Cilebut Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor sesuai surat undangan bernomor 100.3.9/728-Ks.Bantuk tertanggal 29 Agustus 2023 yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kabupaten Aspem dan Kesra Pemerintah Kabup-aten (Pemkab) Bogor

“Pemberian medali kepada camat oleh Gubernur Jabar yang dirangkaikan dengan pemberian penghargaan “Paralegal Justice Awards” dan akan diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia (Menkumham-RI)”, kata Aspem dan Kesra pemkab Bogor, Hadiana.

“Sehubungan dengan kegiatan ini, kami meminta kepada Camat untuk hadir bersama dengan Kepala Desa sebagai penrima pengharagaan di Gedung sate Bandung,” ujarnya.

Penghargaann “Paralegal Justice Award” merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kepala Desa/ Lurah yang telah lulus Paralegal Academy serta mendapatkan kategori penghargaan Nonlitigation Peacemaker serta berperan aktif dalam menyelesaikan setiap perkara di masyarakat secara non-litigasi dan inklusif, selain itu juga ada kategori penghargaan Anubhawa Sasana Desa Jagadhita yang diberikan atas peran aktif dalam mendorong pertumbuhan investasi, pariwisata, dan lapangan kerja.

Sebelumnya, penganugerahan “Paralegal Justice Award” diselenggarakan oleh Badan Pembinaan Hukum Nasional dan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI  pada Kamis, tanggal 1 Juni 2023 lalu bertempat di Discovery Hotel Ancol Jakarta Utara. Ada 29 orang Lurah dan Kepala Desa yang ada dalam Binaan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Jabar (Kanwil Kemenkumham Jabar) memperoleh penghargaan dalam acara penganugrahan “Paralegal Justice Award”.

Adapun kategori penghargaan yang diberikan kali ini terbagi atas 3 kategori yaitu kategori Non Litigation Peacemaker (NLP), kategori Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Jagaddhita (ASDJ) dan kategori Paralegal Justice Award (PJA) yang merupakan penerima kategori NLP dan ASDJ secara sekaligus, selain itu juga terdapat penghargaan tambahan yaitu Top 10 Kepala Desa Terfavorit yang dipilih melalui voting oleh masyarakat umum. (Hilda/PH)

banner 521x10

Komentar