Ketua GNPK Ancam Gugat Pasangan Calon Independen Pilkada Kabupaten Bogor

Politik407 Dilihat

InilahOnline.com (Cibinong -Kabupaten Bogor) – Ketua LSM Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Kabupaten Bogor, Sinwan mengancam akan menggugat salah satu pasangan calon independen Pilkada Kabupaten Bogor, AA. Pasalnya, identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya diduga dimanipulasi untuk dijadikan pernyataan dukungan.

“Saya akan menggugat pasangan AA jika tidak ada penjelasan resmi, karena mereka diduga telah memasukan identitas saya dengan istri saya dalam persayaratan dukungan. Saya keberatan jika nama saya dimasukkan dalam dukungan tersebut,” ujarnya.

Terkait persoalan yang menimpa dirinya itu, Sinwan mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap penyelengara pemilu KPUD, PPK dan PPS, dalam memverifikasi faktual, khusunya perihal dukungan kepada calon yang diduga memanipulasi data atau memalsukan identitas KTP untuk di jadikan dukungan calon independen sebagai persyaratan verifikasi faktual.

“Saya minta kepada petugas KPU untuk berhati-hati dan selektif dalam memverifikasi surat dukungan, karena tidak menutup kemungkinan masih banyak yang diduga dipalsukan,” tandasnya
Menurutnya, masyarakat harus berani mengatakan yang benar adalah benar dan yang salah katakan salah. Karena data yang diserahkan ke KPUD oleh para bakal calon perseorangan hanya berupa foto copy KTP saja yang diduga didapatkan dengan cara ilegal.

Sinwan juga menambahkan, ada dua pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pasangan calon independen tersebut yakni, pengumpulan KTP tidak berdasarkan atas persetujuan pemiliknya, kemudian terlah terjadi dugaan pemalsuan tanda tangan pemilik KTP.

“Saya menduga ada indikasi unsur kesengajaan dari para petugas verifikasi terkait berkas dan dokumen dukungan dari pasangan calon independen, sehingga dikhawatirkan penyelenggaraan Pilkada kabupaten Bogor cacat hukum dan menciderai demokrasi,” imbuhnya. (Piyarso Hadi)

banner 521x10

Komentar