oleh

Kodiklatad Bersama Komunitas 4×4 Jawa Timur Gelar Bakti Sosial di Desa Pujon Kidul Malang

INILAHONLINE.COM, MALANG — Dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan haruslah terdapat manfaat bagi sesama di sekitar kita, itulah prinsip yang dipegang teguh oleh Dankodiklatad, Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. dalam setiap aktifitasnya yang padat. Masih dalam rangkaian kunjungan ke Malang dalam rangka memberikan pengarahan kepada Siswa Komcad Kodam V/Brw dan Bamasis Poltekad, Dankodiklatad melaksanakan bakti sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Rabu (25/8/2021).

Berangkat dari Kota Batu, Bro Putranto beserta rombongan yang terdiri dari pejabat utama Kodiklatad dan beberapa komunitas offroader Jawa Timur berangkat menggunakan 40 kendaraan 4×4 untuk mengangkut sejumlah bantuan paket sembako yang akan dibagikan kepada warga Desa Pujon Kidul. Jalur yang dilewati pun terdiri dari beragam rintangan yang tidak dapat dilewati oleh kendaraan biasa. Nampak para pengemudi kendaraan offroad mengerahkan kemampuannya melewati jalur berupa hutan pinus, sungai dan pegunungan. Pada perjalanan kali ini pun rombongan melaksanakan pembentangan bendera merah putih di air terjun Coban Manan sebagai wujud syukur atas hari kemerdekaan RI ke-76 dan pengingat bahwa seluruh lapisan masyarakat memiliki kewajiban mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Tiba di Desa Pujon Kidul, Bro Putranto atau yang lebih familiar di kalangan offroader dipanggil Bro AMP disambut oleh Kepala Desa Pujon Kidul Bapak Udihartoko dan perwakilan masyarakat, dalam kesempatan ini Kepala Desa atas nama masyarakat mengucapkan selamat datang kepada para tamu di Desa Pujon Kidul yang berada di ketinggian 1.000 Mdpl. Kepala Desa pun menyampaikan terimakasih atas bantuan paket sembako yang akan diberikan dan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bukti ikatan yang kuat antara TNI AD dan Rakyat, khususnya di Desa Pujon. Tidak lupa Kepala Desa mendoakan agar masyarakat Indonesia di wilayah lain dapat merasakan manfaat dari kegiatan-kegiatan yang Bro AMP laksanakan.

Dalam sambutannya, Bro AMP pertama-tama mengucapkan terima kasih kepada Danpoltekad, Brigjen TNI DR. R. Nugraha Gumilar, M.Sc. yang telah membantu memfasilitasi kegiatan bakti sosial ini. Selanjutnya Bro AMP menjelaskan kepada masyarakat tujuan kedatangannya ke Kota Malang dan Batu kali ini yaitu dalam rangka memberikan pengarahan kepada Siswa Komcad Kodam V/Brw dan Bamasis Poltekad, namun sesuai dengan prinsip yang Bro AMP pegang, kegiatannya di suatu wilayah juga harus membawa manfaat oleh masyarakat sekitar. Bro AMP juga membagikan kabar baik kepada masyarakat tentang keberhasilan personel Poltekad di bidang penelitian sehingga dapat memberikan sumbangsih pada teknologi pertahanan dalam negeri.

Selanjutnya Bro AMP berpesan agar masyarakat menjaga kelestarian alam di lingkungan Desa Pujon Kidul. “Wilayah ini memiliki potensi pariwisata dan agrikultur yang hasilnya dirasakan langsung bagi kesejahteraan masyarakat, maka mari jaga lingkungan terutama kebersihan di kawasan ini”, pesannya. Setelah menyelesaikan sambutannya, Bro AMP dan rombongan secara simbolis menyerahkan bantuan sejumlah 100 paket sembako kepada perwakilan masyarakat yang hadir.

Kedekatan Bro AMP dengan warga Desa Pujon bukan baru kali ini terjalin, sebelumnya pada bulan Februari 2021 Bro AMP bersama beberapa komunitas 4×4 pernah mendistribusikan bantuan sosial berupa masker dan sembako kepada warga Desa Pujon dalam rangka membantu warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Turut hadir Wadan, Inspektur, Dirum, Dirdik, Dirdok, Dirjian, Wair Kodiklatad, Danpusdikarhanud Pussenarhanud Kodiklatad serta Komandan Poltekad. Selain itu beberapa komunitas 4×4 yang terlibat antara lain IOF Pengcab Malang, JKOne Pengcab Jatim, Galena Rescue, Land Rover Jawa Timur, komunitas Jimny Malang dan komunitas Willy’s Malang. (Penerangan Kodiklatad)

Komentar