Kodim 0508/Depok Gelar Lomba Musabaqah Hifzhil Qur’an Berhadiah Umroh

10/11/2018 12:02:46 Kategori: ,

INILAHONLINE.COM, DEPOK

Inovasi dilakukan oleh Kodim 0508/Depok untuk mengisi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103. Bukan hanya membangun infrastruktur desa, tetapi juga membangun akhlak masyarakat.

Hal ini diwujudkan dalam 'Umroh Bersama Babinsa', dengan lomba Musabaqah Hifzhil Qur'an (MHQ) bagi warga Depok. Kegiatan yang bekerjasama dengan Majlis Ta'lim Baitusyaakirin serta Pondok Pesantren Madinatul Qu'ran tersebut digelar mulai hari ini hingga 12 November.

Dandim 0508/Depok Letkol Iskandarmanto mengatakan, kegiatan ini dilaksakan dalam rangka TMMD ke-103 terutama pada sasaran non fisik.

"Kita coba melaksanakan kegiatan umroh bersama Babinsa melalui lomba musabaqah hifzhil Quran, imam masjid dan muadzin," tuturnya, Sabtu (10/11).

Lomba dibagi beberapa kategori. Pertama MHQ untuk 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Lalu ada musabaqah untuk imam masjid dan juga musabaqah muadzin.

"Itupun untuk MHQ 10 juz dibatasi usia maksimal 30 tahun, dan MHQ 20 juz usia maksimal 40 tahun. Sementara untuk MHQ 30 juz, musabaqah imam masjid serta muadzin usia maksimal 50 tahun," terangnya.

Menurutnya pendaftaran telah ditutup pada 6 November lalu. Dan animo dari masyarakat pun sangat tinggi.

"Pada awalnya kami pesimis untuk peserta, terutama di kategori MHQ 30 juz. Ternyata masyarakat Depok banyak penghafal Al Quran. Peserta kategori ini ada 45 orang dari total 342 peserta," ungkap Iskandarmanto.

Selain untuk masyarakat umum, lanjutnya, ada juga kategori khusus untuk para Babinsa. "Ada juga kategori untuk Babinsa. Ini penting agar di internal kita pun ada hafiz Quran yang nantinya dilakukan pembinaan lebih lanjut," tandasnya.

Juara untuk kategori MHQ 10 juz dan 20 juz akan diberikan piala serta uang pembinaan. Sementara untuk kategori MHQ 30, musabaqah imam masjid, muadzin sebrta Babinsa, juaranya mendapatkan paket umroh.

(Badar)