oleh

Kodim 0705/Magelang Tingkatkan Komunikasi Bangun Sinergi Bersama Wartawan

INILAHONLINE.COM, MAGELANG — Kodim 0705/Magelang menggelar silaturrahim dengan Pertatuan Wartawan Indonesia (PWI) Magelang Raya (Kabupaten dan Kota Magelang), melalui program ‘Peduli Wartawan’. Program tersebut, bertujuan meningkatkan sinergitas untuk membangun komunikasi dengan masyarakat di tengah Pandemi Covid – 19.

Kodim 0705/Magelang, Letkol ARM Rohmadi S.Sos melalui Kasdim Mayor INF Sudarno saat silaturrahim dengan wartawan menyatakan, pada masa Pandemi Covid – 19, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Magelang Raya, telah menjalankan profesinya, dengan tetap terjaga kesehatan dan ekonomi.

“Untuk itu, PWI Magelang Raya bekerjasama untuk membangun sinergitas dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten maupun Kota Magelang.” Kata Mayor INF Sudarno mewakili Letkol ARM Rohmadi S.Sos, di Gedung Prajurit Kodim 0705/Magelang, Kamis (19/8-2021).

Pertemuan ini sebagai upaya untuk bersinergi dengan dengan kapasitas masing-masing. Teman-teman media bisa membangun narasi yang baik dan benar dalam pemberitaan, dan memerangi berita hoaxs di tengan Pandemi Covid -19.

Menurut Mayor INF Sudarno, pada masa Pandemi Covid – 19, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Magelang Raya, telah menjalankan profesinya, dengan tetap terjaga kesehatan dan ekonomi Untuk itu, PWI Magelang Raya bekerjasama untuk membangun sinergitas dalam melaksanakan program pembangunan di Kabupaten maupun Kota Magelang.

“Silaturrahmi ini sebagai upaya untuk meningkatkan komunikasi yang baik, serta masukan dari teman-teman media dalam membangun Magelang di tengah Pandemi Covis – 19. Dengan menyampaikan berita sesuai fakta, membuat masyarakat lebih percaya, karena hoaxs di media social sudah sangat memprihatinkan,” ujarnya.

Dalam penanganan Pandemi Covid – 19, tidak bisa dilakukan oleh aparat pemerintah saja, tetapi harus semua pihak dan elemen masyarakat terlibat, agar Covid -19 segera usai. Dengan kerja bersama sesuai dengan fungsinya masing-masing, maka beban akibat Covid – 19 bisa segera teratasi, dan ekonomi masyarakat segera pulih.

“Sesungguhnya kita melaksanakan tahapan penanganan Covod – 19 dengan memberdayakan potensi dan sumber daya yang ada. Jika teman-teman wartawan, sesuai tugasnya menyampaikan informasi factual kepada masyarakat sesuai kapasitasnya, dan kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri dalam menanganani Covid -0 19 ini,” tambahnya.

Ketua PWI Kabupaten magelang, Bagyo Harsono menambahkan, wartawan mempunyai tanggung jawab besar dalam menyampaikan informasi yang benar dan factual kepada masyarakat, karena wartawan profesional dibekali dengan kode etik jurnalistik dan etika pers, sehingga wartawan tidak dibenarkan untuk menyampaikan berita yang tidak berdasarkan fakta.

“Berita hoaxs di media social yang marak saat ini, bukan merupakan produk jurnalistik, karena hoaxs sangat merugikan masyarakat. PWI berkomitmen untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat agar tidak percaya dengan hoaxs,” ujarnya.

Dengan membangun komunikasi ini, merupakan salah satu bagian dari ikhtiar PWI Magelang Raya, agar selalu menjaga profesionalitas, serta kesehatan di tengah Pandemi Covid – 19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Temen-temen wartawan, lanjutnya, dalam bekerja mobilitasnya tinggi, dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, resiko terpapar virus Covid – 19 sangat besar. Maka perlu asupan giji dan vitamin agar dalam melaksanakan tugas tetap menjaga sehat, sesuai dengan protokol kesehatan secara ketat. (ali subchi)

Komentar