Komjen Gatot Eddy Pramono Resmi Jadi Wakapolri Gantikan Komjen Ari Dono

Berita, Hukkrim, Nasional438 Dilihat

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) perwira tinggi (Pati) Polri. Salah satunya jabatan Wakapolri yang diserahterimakan dari Komjen Ari Dono ke Komjen Gatot Eddy Pramono.
Sertijab digelar di gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Sertijab itu didasari oleh Surat telegram Kapolri dengan nomor ST/330/XII/KEP/2019 tertanggal 20 Desember 2019.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara sertijab ini. Idham mengucapkan sumpah yang diikuti oleh para perwira tinggi yang menjalani serah terima jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang–Undang Dasar 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang–undangan dengan selurus–lurusnya, demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucapnya.

“Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Republik Indonesia; dan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan,” kata Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono saat mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Kepala Kepolisian RI Jendral Idham Azis.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono menjelaskan sertijab hari ini selain jabatan Wakapolri, Kapolri juga menyerahkan jabatan untuk 3 Kapolda baru. Ketiganya adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sujana, Kapolda Banten Irjen Agung Sabar Santoso dan Kapolda NTB Irjen Tomsi Tohir serta jabatan Asrena Kapolri yang kini diemban Irjen Hendro Sugianto.

“Hari ini kita menyaksikan sendiri serah terima pejabat Mabes Polri. Ada Kapolda metro, Asrena Kapolri dan beberapa kapolda dan Wakapolri. Mutasi adalah hal biasa dan penyegaran. Saat ini wakapolri dijabat bapak Gatot Eddy Pramono,” kata Argo.

Argo menambahkan, mutasi para pati Polri tersebut dilakukan untuk meningkatkan kinerja Korps Bhayangkara.

“Mutasi adalah hal yang alami dalam organisasi Polri, sebagai tour of duty dan tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka performa kinerja organisasi menuju SDM unggul dan promoter,” kata Argo.

Sementara, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menyatakan siap mendukung kebijakan Kapolri Jenderal Idham Azis dalam memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Dalam upaya mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, terlebih lagi mengamankan agenda-agenda nasional, saya akan berada di belakang bapak Kapolri mendukung seluruh kebijakannya, itu target saya,” kata Gatot, usai dilantik sebagai Wakapolri, Selasa (7/1/2020).

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kedua kiri) bersalaman dengan Komjen Pol Gatot Eddy (ketiga kanan). Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

Terkait tugas di Polda Metro Jaya, Komjen Gatot Eddy Pramono mengatakan memang ada beberapa pekerjaan yang belum diselesaikan. Namun, ia yakin Irjen Nana Sudjana bisa mengemban tugas tersebut.

“Ada tugas-tugas yang memang sudah tuntas dan ada tugas yang belum selesai, tugas yang belum selesai saya sudah sampaikan pada Pak Nana sebagai Kapolda baru nanti untuk ditindaklanjuti, termasuk juga inovasi-inovasi yang kita buat kemarin perlu keberlanjutan, ini juga sudah saya sampaikan,” terang Gatot.

(Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar