oleh

Kosgeb dari Turki lirik UMKM Kab. Bogor

-Bisnis & Ekonomi-114 Dilihat

Cibinong – Pemerintah Kabupaten Bogor kembali melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan peluang investasi dan pembangunan di Kabupaten Bogor dengan menjalin kerjasama, meningkatkan persahabatan dan kesepahaman dengan lembaga  seperti Small And Medium Enterprises Organization (KOSGEB) dari Republik Turki, yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan daya saing UMKM di pasar global melalui berbagai upaya promosi dan pengembangan pasar bagi UMKM Kabupaten Bogor ditingkat Asia Tenggara bahkan mengakses pasar Turki.

Dalam kesempatan delegasi turki diwakili Wakil Presiden KOSGEB Republik Turki, Suleyman Islamoglu, Ketua Departemen KOSGEB Republik Turki, Neemi Uzun, Direktur KOSGEB, Mustafa Deniz, Staf Ahli KOSGEB Murat Alper. Secara langsung delegasi turki tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti, yang bertempat di Ruang Serbaguna 1, Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, pada Rabu, (28/9).

Dalam sambutannya Bupati Bogor mengatajkan secara umum, pembangunan di Kabupaten Bogor diarahkan untuk selalu mendukung program  pro poor, pro job, pro growth dan pro enviroment dengan mengedepankan akselerasi peningkatan indeks pembangunan manusia yang berfokus pada peningkatan derajat pendidkan dan kesehatan dan peningkatan pendapatan perkapita masyarakat serta pembangunan ekonomi yang berdaya saing.

“Sebenarnya ini kerjasamanya dengan pemerintah pusat lewat Kamar Dagang dan Industri (Kadin). Tapi, dengan jumlah UMKM di Kabupaten Bogor yang sangat banyak, jadi dimanfaatkan pemerintah pusat untuk bersaing di pasar bebas,” kata Nurhayanti.

iya pun menjabarkan hasil kunjungan delegasi Apkasi dan Pemerintah Kabupaten Bogor ke Pemerintah Republik Turki  seperti  Techinal Asistance KOSGEB kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, terutama aspek legal dan finansial atau skema pembiayaan dan kepada pengusaha UMKM Kabupaten Bogor dalam bidang teknologi produksi, standar produk dan pemasaran produk, kedua pembangunan pusat pendidikan dan pelatihan untuk semua aspek pengembangan UMKM di Kabupaten Bogor,

Ketiga KOSGEB membantu membuka pasar di turki untuk produk atau komoditas unggulan Kabupaten Bogor sesuai dengan spesifikasi yang berlaku di turki dan pasar yang lebih luas dan penguatan kapasitas organisasi yang menangani UMKM di Kabupaten Bogor yang tergabung dalam organisasi dunia usaha.

“Termasuk juga membuka pasar di Turki untuk produk atau komoditas unggulan Kabupaten Bogor sesuai spesifikasi yang berlaku di Turki dan pasar yang lebih luas,” ujarnya

Sementara itu, Wakil Presiden KOSGEB Republik Turki, Suleyman Islamoglu, mengatakan kagum akan produk-produk UKM khas Bogor dan mengakui banyak produk UMKM Kabupaten Bogor yang berkualitas hingga jajarannya akan melakukan kerjasama ekspor import antara dua negara..

“Saya melihat semua produk UKM Kabupaten Bogor berkualitas, namun untuk eksport ke Turki kami lebih memilih yang khas budaya Bogor seperti kerajinan atau souvenir Kujang dan lainnya. Sebelun pulang kami akan berbelanja dulu di Gallery UMKM,” kata Sulaiman Islammauni.

sulaiman juga mengungkapkan selain unggul di produk UMKM, masyarakat Bogor juga mempunyai keunggulan karena sifat ramahnya terhadap tamu ataupun wisatawan.

“Sambutan masyarakat di Bogor sangat ramah dan luar biasa seperti keluarga, ini menambah nilai lebih selain produk UKM yang ditawarkan. Saya berterima kasih dan bangga karena pernah berkunjung ke Kabupaten Bogor,” tambah Sulaiman.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatangan MOU antara Ketua Kadin- UKM Indonesia dengan Direktur Utama KOSGEB dan Workshop mengenai peluang pasar turki bagi produk-produk UMKM Indonesia. (Andi/Diskominfo Kab Bogor)

banner 521x10

Komentar