oleh

KPI UIKA Jadi Sorotan

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Luar biasa ternyata tak hanya meraih akreditasi A, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam UIKA Bogor juga jadi rujukan studi mahasiswa perguruan tinggi lain di Bogor, salahsatunya Maudina Rahmah. Mojang geulis kelahiran Bogor, 2 April 1996 itu kini fokus menggali informasi dari 50 mahasiswa/i KPI UIKA sebagai bahan skripsinya yang berjudul “Hubungan Antara Kecenderungan Mahasiswa Menggunakan Jenis Aplikasi Gadget dengan Kepekaan Sosial”.

“Karena KPI UIKA adalah salahsatu prodi yang mempelajari tatacara berkomunikasi, dan mahasiswanya menekuni komunikasi Islami. Itu pertimbangan saya memilih UIKA di wilayah Kota Bogor yang menjadi lokus penelitian,” ungkap mahasiswi semester 8 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Juanda itu ketika dikonfirmasi, Rabu (28/3/2018).

Berbekal kuisioner dengan sekitar 60 pertanyaan, Maudina mewawancarai 50 mahasiswa/i KPI UIKA pada Selasa (27/3) didampingi Kaprodi KPI UIKA Zahrotunni’mah, dosen flamboyan yang segera menuntaskan studi S-3nya di Rusia mulai Agustus 2018 itu.

Menurut Maudina kepekaan sosial mahasiswa yang menekuni komunikasi Islami patut dicermati dalam kaitannya dengan penggunaan gadget. Seperti diketahui, para mahasiswa KPI kerap mengadakan kegiatan sosial, seperti operasi Katarak gratis dengan mengoptimalkan fungsi gadget untuk koordinasi pasien dan keluarganya, baik jelang operasi, selama operasi, dan paska operasi agar kesehatan mata mereka tak terinfeksi dan kembali mampu melihat dunia, termasuk Tartil Al-Qur’an dan melakukan pemberdayaan ekonomi keluarga.

“Di samping itu, dari KPI UIKA banyak hal yang bisa saya gali melalui skripsi kali ini, semoga dapat menambah khasanah keilmuan dan kelak dikembangkan jadi lokus penelitian lebih lanjut,” ujarnya.

Hal itu selaras dengan sifat ilmu, yakni apa yang mungkin, dan terbatas pada ruang, dan waktu penelitian, serta metodologi yang dibuat dengan tujuan ingin mengetahui seberapa besar tingkat kepekaan mahasiswa pengguna jenis aplikasi gadget di era komunikasi digital.(CJ/Deby F / Heni P/Immah)

Komentar