Kuliner Pecel Pincuk “Mbak Nanik” Kota Rembang Bikin Ketagihan

InilahOnline.com (Rembang – Jateng) – Bosan dengan menu ayam atau daging, pilihan yang tepat adalah nasi pecel. Nasi pulen dengan paduan sayuran plus siraman bumbu kacang bikin makan makin enak, menambah selera makan dan ketagihan. Racikan pecel khas Jawa memang selalu tingkatkan nafsu makan. Apalagi dipadu dengan beberapa jenis lauk seperti tahu bacem, serundeng, tempe orek, perkedel hingga kerupuk gendar membuat sajian ini makin komplet.

Beberapa rumah atau warung makan juga menyediakan teh poci hangat yang cocok jadi pelengkap makan nasi pecel. Harganya yang tak mahal, membuat nasi pecel cocok jadi pilihan makan keluarga atau makan bereng dengan teman-teman Nasi pecel merupakan salah satu kuliner daerah yang terkenal di Indonesia, dan merupakan salah satu kekayaan kuliner nusantara. Nasi pecel adalah makanan perpaduan antara nasi, sayur rebus dan bumbu kacang.

“Asal mula pecel masih belum di ketahui pastinya. Namun dari beberapa sumber, pecel berasal dari daerah jawa timur. Karena disana banyak terdapat,” ujar Romli pemilik rumah makan Sekar Taji di jalan Panglima Polim Jakarta Selatan asal Rembang yang kini telah bermukim di Jakarta kepada InilahOnline.com

Warung yang menyajikan kuliner satu ini, adalah nasi pecel “Mbak Nanik” yang berlokasi di Jalan Dr. Sutomo No.8 – 10 Kota Rembang Jawa Tengah. Bagi para pelancong dan pemudik yang berkunjung atau melewati Kota Rembang, bisa menyempatkan untuk singgah menikmati kuliner khas “sego pecel pincuk” yang dikemas dengan alas daun pisang.

Hal senada juga dituturkan, salah satu penggemar nasi pecel warga Semarang, Dwi Astuti, nama pecel sendiri dalam bahasa jawa artinya adalah tumbukan, seperti yang bisa kita lihat bumbu kacang yang di ulek atau di tumbuk itu menjadi ciri khas dari pecel. Rasa dari bumbu kacang tersebut yang memberikan rasa nikmat pada nasi pecel.

“Pecel makanan yang terdiri dari sayur yang direbus dan lauk pauk dengan siraman bumbu sambal kacang. Sayuran yang gunakan antara lain adalah kacang panjang, taoge, mentimun, daun singkong, dan daun kemangi. Bumbu sambal kacang yang disiramkan di atas pecel biasa disebut sambal pecel,” tuturnya.

Menurut wanita asal Rembang yang kini bermukim di Semarang itu menceritakan juga tentang sambal pecel yang terbuat dari campuran kencur, gula merah, garam, cabai, daun jeruk purut, dan kacang tanah sangrai yang dicampur, ditumbuk, atau diulek. Untuk penyajiannya, agar menarik maka di sajikan dengan alas yang berbeda beda sesuai dengan ciri khas kota asal pecel tersebut,” terangnya.

Sementara itu, seorang jurnalis sekaligus penikmat kuliner khas dari berbagai daerah Piyarso Hadi mengungkapkan, bahwa dirinya sudah sering mengunjungi ke berbagai daerah di Indonesia, makanan pecel ini hanya ada di Indonesia, akan tetapi kuliner yang satu ini menyebar di beberapa daerah, kususnya di pulau jawa. Banyak variasi pecel yang sudah ada, yaitu dengan penyajiannya yang berbeda, lauk pauknya dan bahkan rasa yang berbeda namun masih menggunakan ciri khasnya yaitu bumbu kacang dan sayur – sayuran.

“Untuk kesehatan, makanan satu ini tidak di ragukan lagi. Seperti salad, pecel memiliki sayur – sayuran yang kaya akan gizi bagi tubuh kita. Bisa di bilang nasi pecel merupakan saladnya Indonesia,” imbuhnya.

Bagi anda yang belum pernah mencoba, maka di sarankan untuk mencoba satu kuliner nasi ”Pecel Pincuk’ milik Mbak Nanik di Kota Rembang, Silahkan datang dan merarasakan sajian khas pecel pincuk. Anda akan merasa ketagihan dan kembali datang untuk menikmatinya. Selamat berkuliner. (Suparman)

banner 521x10

Komentar