oleh

Laboratorium Siber Pusdikhub Resmi Dioperasionalkan untuk Jawab Tantangan Teknologi Informasi Ke Depan

INILAHONLINE.COM, CIMAHI

Bertempat di Pusdikhub Kodiklat, Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan AD Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos meresmikan Laboratorium Siber, Rabu(12/06/2019).

Laboratorium Siber Pusdikhub adalah salah satu komponen pendidikan yang dibangun dengan tujuan sebagai kelengkapan utama dalam proses operasional pendidikan khususnya yang berkaitan dengan bidang Siber yang saat ini sedang berkembang dengan pesat.

Dalam sambutannya, Dankodiklat TNI AD mengatakan Kemajuan teknologi yang berkembang begitu cepat memang tidak bisa ditawar lagi, karena itu dibutuhkan prajurit yang mumpuni untuk menangkal kejahatan teknologi informasi yang tidak mengenal batas wilayah.

“Saat ini setiap Prajurit dan setiap kesatuan TNI AD terhubung dengan internet satu sama yang lain. Keterbukaan informasi semakin lebar sehingga kita harus mengimbangi dengan perkembangan teknologi informasi,” tuturnya.

“Untuk itu, diharapkan dengan fasilitas Lab Siber ini mampu menjawab tantangan bagi seluruh kesatuan TNI AD untuk mengikuti dan menguasai perkembangan bidang teknologi yang menjadi pilar Industri 4.0. Lab siber Pusdikhub dapat menjadi pusat referensi bagi Lab Siber yang ada di kesatuan-kesatuan di TNI AD,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini juga Dankodiklatad meninjau Lab Siber yang dilengkapi dengan fasilitas Data Center, Ruang Monitoring dan Pengendali, Kelas Laboratorium Siber dengan aplikasi berada di Lab Center, Dijelaskan pula kelengkapan Lab Siber, E-Learning Terpusat, E-Office (Lat Posko), dan Ganesha Messenger yang dapat digunakan oleh seluruh Personel Kodiklat untuk lebih menjaga keamanan berita.

Sementara itu. Dirhubad Brigjen TNI Widjang Pranjoto, dalam sambutannya menyampaikan, latar belakang dibangunnya Lab Siber ini agar setiap personel kecabangan perhubungan baik level Perwira, Bintara, maupun Tamtama harus memiliki dasar pengetahuan tentang jaringan dan teknologi informasi, karena diera yang sudah beralih dari analog ke digital dibutuhkan personel yang mumpuni, agar tidak tertinggal dan segera mengikuti perkembangan pesat teknologi digital.

Turut hadir dalam acara tersebut Wadan Kodiklatad Mayjen TNI Eka Wiharsa, Ir Kodiklatad, Para Direktur, Para Danpussen dan Para Danpusdik jajaran Kodiklatad.

(Penerangan Kodiklatad)

Komentar