oleh

Launching Seulawah Agro Technopark SMK-PP Negeri Saree

INILAHONLINE.COM, SEULAWAH-ACEH

Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Launching Technopark yang diberi nama Seulawah Agro di Saree, Kamis (27/12/2018).

Kegiatan dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dinas Pendidikan Aceh, Kepala SMK se Aceh Besar, Pengawas Sekolah, perwakilan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang telah bekerjasama dengan SMK-PP Negeri Saree diantaranya ; PT. East-West Seed Indonesia (Cap Panah Merah), Nozy Juice Banda Aceh, PT. Sang Hyang Seri, CV. Aceh Tani Lestari, serta juga dihadiri seluruh pegawai SMK-PP Negeri Saree.

Muhammad Amin, SP.MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree dalam laporannya mengatakan bahwa program Technopark ini merupakan salah satu program revitalisasi SMK yang dilakukan oleh Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud sesuai amanah Inpres no 9 tahun 2016 tentang revitalisasi SMK.

Program Technopark di SMK dicanangkan sebagai pusat dari beberapa Teaching Factory di SMK (“hub”) yang menghubungkan dunia pendidikan (SMK) dengan dunia industri dan instansi yang relevan untuk bekerja sama dengan Teaching Factory di SMK. Technopark akan menjadi “Think-Thank” SMK dalam pengembangan Teaching Factory yang harus mampu menyesuaikan perkembangan industri yang pesat. Technopark juga akan mempromosikan potensi daerah yang relevan untuk pengembangan ekonomi daerah dan sekaligus mempermudah komunikasi dengan dunia industri.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, A. Hanan, SP.,MM dalam sambutan sambutannya menyatakan bahwa sangat senang dan bangga atas kegiatan Launching Technopark oleh SMK-PP Negeri Saree, ini merupakan salah satu usaha dalam berinovasi bidang pertanian. Ini menjadi penting karena sekolah berada dalam kawasan Saree, yang notabene nya adalah kawasan atau daerah pertanian. Disini merupakan sentra sayur, ubi-ubian, dan ketela. Tahun 2019 Distanbun Aceh akan menjadikan Saree sebagai sentra Alpukat dimana akan ditanam lebih kurang 150 Ha Alpukat. Nantinya ini menjadi peluang bagi sekolah dan masyarakat sekitar sebagai penggerak ekonomi baru.

Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh mengharap kepada ke 3 SMK-PP Negeri Aceh ; Saree, Bireuen, dan Kutacane untuk terus berinovasi dalam pengelolaan pendidikan dan wirausaha. Kemudian A.Hanan juga mengarahkan SMK-PP Negeri Saree untuk dapat memberi konstribusi nyata kepada masyarakat dengan cara membina dan melatih kelompok-kelompok tani yang ada di Saree. Sehingga dapat memberi manfaat yang lebih nyata.

Akhirnya, semoga Seulawah Agro Technopark ini dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam menjalankan fungsinya di masa depan, begitu harapnya ketika meresmikan dan menggunting pita di Galery Seulawah Agro Technopark.

(CJ/Don Zakiyami)

Komentar