oleh

Lurah-lurah di DKI Jakarta Segera Dirotasi

Lurah-lurah di DKI Jakarta akan segera dirotasi. Target utama adalah lurah yang dilaporkan dan terbukti mengutip sejumlah uang kepada warga yang ingin membuat sertifikat tanahnya.

Hal tersebut diungkpakan oleh Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).

Menurut Saefullah, memang dalam rotasi pegawai terdapat banyak pertimbangan dari penilaian-penilaian. Termasuk adanya laporan tindak pungutan liar (Pungli) yang dilakukan oknum lurah.

“Sebentar lagi (rotasi). Itemnya banyak ya kalau evaluasi itu. Pokoknya setiap orang yang melanggar ketentuan itu menjadi catatan. Termasuk kalau dia kutip untuk pembuatan sertifikat,” ungkapnya.

Namun Saefullah mengaku belum mendapatkan laporan adanya lurah yang melakukan pungli, terutama dalam pengurusan sertifikat tanah. “(Data) inspektur yang kantongi. Jadi setiap mau bahas nanti buka kartu,” ucapnya.

Saefullah sendiri mempersilakan warga memberikan laporan evaluasi lurah di tempatnya masing-masing. Setiap laporan akan jadi masukan.

“Catatan komprehensif bisa datang dari masyarakat ke gubernur. Gubernur ke kita. Bisa masukan dari mana aja,” tandasnya.

Komentar