Lurah Rangga Mekar Gerak Cepat, Ketika Terjadi Bencana Longsor di Wilayahnya

INLAHONLINE.COM, BOGOR – Lurah Rangga Mekar  gerak cepat dan langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, ketika terjadi bencana longsor saat menjelang malam pergantian Tahun 2023 di daerah Pamoyanansari RT.02 RW.01 kelurahan Rangga Mekar kecamatan Bogor Selatan. Minggu (31/12/2023)

Bencana longsor ini diduga akibat curah hujan yang cukup tinggi pada sore hari sekitar jam 16.30 Wib, sehingga turab yang belum sampai 1 tahun dibangun untuk menahan tanah di pinggiran kali Cisadane agar tidak longsor, akhirnya rusak akibat curah hujan dan tidak kuat menahan beban erosi air sungai.

Lurah Rangga Mekar, Amir Santoso kepada media saat di lokasi longsor mengungkapkan bahwa dalam bencana longsor yang terjadi si wilayahnya itu tidak ada korban jiwa dan pihaknya saat itu juga langsung berkoordinasi dengan BPBD Kota Bogor.

“Alhamdulillah tidak ada korban saat kejadian longsor di Pamoyanan sari RT.02 RW.01. Kami saat ini sudah berkordinasi dengan pihak BPBD, Camat, Babinsa dan Babinkabtimas setempat untuk penenaganan dan pencegahan sementara,” kata Amir.

Lebih lanjut Amir mengatakan, pihaknya menghimbau ke warga, agar masyarakat harus berhati – hati bagi yang tinggal tidak jauh dari bantaran sungai cisadane, karena saat ini sedang masuk musim hujan dan untuk permasalahan turab yang hancur karena longsor, akan berkordinasi dengan Dinas Permukiman.

Selain itu salah satu warga RT.02 mengaku bernama Indra menambahkan, bahwa sebelum terjadi longsor dia mengambil gambar video menjelang detik-detik peristiwa longsor tersebut, sehingga dirinya sempat merekam saat tejdai lonsor saat itu juga.

“Sebelumnya saya mengambil video yang pertama dan belum hancur seperti saat ini, kemudian saat saya memvideokan lagi tiba-tiba tanah bergerak sendiri dan longsor makin parah hampir mengenai rumah warga,” ujarnya. (Ian Budi Lukito)

banner 521x10

Komentar