oleh

Maraknya Hate Speech dan Hoax di Medsos, Direktur Siber Bareskrim Polri Beri Arahan Ke Lima Kapolres

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Direktur Cybercrime Badan Reserse Kriminal Polri, Brigjen. Pol. H.M. Fadil Imran, M.Si. mengatakan, belakangan banyak beredar informasi yang belum jelas kebenarannya alias hoax di media sosial yang meresahkan masyarakat, salah satunya diantara wilayah dengan kasus kejahatan siber terbanyak adalah Bogor.

Hal tersebut disampaikannya usai melakukan pertemuan arahan dan pembekalan kepada Kapolresta Bogor Kota, Kapolres Bogor, Kapolres Cianjur, Kapolres Sukabumi, dan Kapolres Sukabumi Kota bertempat di Aula Nurul Afandi Polres Bogor, Jumat (23/2/2018).

Imran menuturkan, saat ini kasus kejahatan siber khususnya hate speech atau ujaran kebencian dan hoax memang banyak terjadi termasuk di wilayah Bogor.

Jendral Bintang Satu itu menerangkan, setiap ujaran kebencian maupun informasi hoax akan diproses polisi bila terdapat unsur fitnah, SARA, dan mengancam pribadi seseorang.

“Kalau memang terbukti akan ditindaklanjuti dengan pembekuan situs penyebar kebencian dan hoax tersebut yang tentunya akan dikoordinasikan dengan Kementerian Kominfo,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, kasus kejahatan siber tidak cukup bila ditangani secara hukum, melainkan perlu ada literasi dan edukasi digital. (Mohammad Iqbal)

Berikut Video Pertemuan Arahan dan Pembekalan dari Direktur Cybercrime Badan Reserse Kriminal Polri kepada Lima Kapolres, Kapolresta Bogor Kota, Kapolres Bogor, Kapolres Cianjur, Kapolres Sukabumi, dan Kapolres Sukabumi Kota.

Komentar