oleh

Masyarakat Robotika Indonesia Deklarasi di Kota Bogor

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Bogor, Achsin Prasetyo menghadiri acara Deklarasi Pembentukan Masyarakat Robotika Indonesia yang digelar di Hotel Salak The Heritage, jalan Ir. H. Juanda, Kota Bogor, Rabu (9/1/2019) siang.

Selain Achsin, hadir pula dalam kegiatan tersebut Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Deputi Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA) Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT), Hammam Riza dan Owner Rumah Robotic dan Penggagas Masyarakat Robotic Indonesia (MRT), Jully Tjindrawan.

Dalam sambutannya, Deputi TPSA dari BPPT, Hammam Riza menyebutkan, robotika ini berguna pada industri yang lebih canggih dengan kegunaannya menyimpan data besar. Robotika juga merupakan robot yang cerdas untuk kebutuhan zaman pada saat ini, khususnya dalam bidang industri. Kendati begitu, robot ini sangat memerlukan akses besar dari jaringan internet.

Dia juga mengajak masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk terus berinovasi dan melakukan pengembangan serta penguatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dengan adanya robotika diharapkan bisa membangun ekonomi berbasis inovasi, kemudian bagaimana robot bisa mengenali bahasa manusia sehingga manusia dengan robot bisa hidup berdampingan,” ujarnya.

Tak hanya itu kata dia, Indonesia harus bersama-sama membangun kemampuan dan SDM. Salah satunya dengan cara menggalang para pendidik agar bisa mengajari anak-anak mengenai teknologi robotika.

Dalam kesempatan itu, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri menambahkan, robotika membuka peluang dan tantangan baru bagi masyarakat Indonesia.

“Informasi yang begitu cepat dan perubahan berbagai hal di kehidupan kita Indonesia menjadi cepat dan efisien membawa manusia dalam kemudahan. Pada abad perubahan ini mau apa saja ada dan mudah. Jika industri berubah pekerjaan pun akan berubah dengan cepat, maka kita perlu menyesuaikan atas perubahan zaman yang begitu cepat ini,” katanya.

Owner Rumah Robotic dan Penggagas Masyarakat Robotic Indonesia (MRT) Jully Tjindrawan menyatakan bersepakat untuk mendeklarasikan pembentukan masyarakat robotika Indonesia. Wadah Organisasi ini bertujuan untuk menciptakan jaringan (networking).

“Bidang Robotika Indonesia dapat melakukan berbagai sosialisasi, workshop, pameran, seminar, konferensi, kompetisi secara regular. Hal ini untuk mendorong inovasi dalam bidang robotika Indonesia dan aplikasi jaringan Indonesia,” ucapnya.

Kemudian acara diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Pembentukan Masyarakat Robotika Indonesia yang turut disaksikan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri.

(Periksa Ginting)

Komentar