oleh

Museum Kota Lama Semarang Segera Dibuka, Disbudpar Sebut Tahap Awal Tiket Masuk Gratis

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang sedang melakukan persiapan rencana pembukaan Museum Kota Lama Semarang.

Plt Kepala Disbudpar Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono mengatakan, tahap awal nanti tiket masuk akan diberlakukan gratis. Selanjutnya, Disbudpar Kota Semarang akan melihat perkembangan, atensi masyarakat, dan sebagainya.

“Tiket masuk sementara ini gratis dulu. Nanti perkembangannya melihat atensi dan sebagainya. Tahapan awal masih kami siapkan gratis,” papar Sapto.

Pembukaan masih menunggu arahan Wali Kota Semarang. Disbudpar juga masih mempersiapkan hal-lain lain misalnya, lahan parkir dan main entrance atau pintu masuk utama. Pintu masuk perlu penayaan dengan penambahan sarana dan prasarana yang tidak merusak lingkungan karena museum itu menonjolkan arsitekturnya.

Disbudpar juga masih mendiskusikan aturan atau SOP bagi pengunjung yang masuk ke museum. Pengunjung akan dibatasi mengingat area museum tidak begitu luas. Pembatasan untuk memberikan kenyamanan serta karena dalam museum terdapat lantai kaca dimana beban tentu berbeda dengan lantai pada umumnya.

“Kaca yang jelas ada kapasitas bebannya. Makanya, masih mendiskusikan aturan,” paparnya.

Pihaknya akan membuat beberapa sesi kunjungan dengan durasi sekitar 30 menit. Pemesanan tiker dilakukan online melalui aplikasi Lunpia. Wisatawan yang masuk harus mendaftar terlebihdahulu kapan dan jam berapa sesuai sesi kunjungan mengingat adanya pembatasan.(Suparman)

banner 521x10

Komentar