Museum Lawang Sewu Semarang Kini Gunakan Tiket Elektronik

Daerah, Wisata832 Dilihat

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – PT KAI Daop IV Semarang memberlakukan sistem tiket elektrik bagi para pengunjung ke museum Lawang Sewu, Rabu (9/5/2018). Hal ini dalam rangka memodernisasi sistem ticketing di objek wisata museum Lawang Sewu.

Menurut Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto mengatakan, para pengunjung yang telah membeli tiket masuk, ketika melalui gate (pintu) masuk, cukup dengan menempelkan barcode yang terdapat di tiket ke sensor gate, maka secara otomatis, scanner yang ada di gate akan memberikan informasi valid atau tidaknya tiket pengunjung tersebut.

Ia mengatakan, penerapan sistem tiket elektrik itu merupakan langkah modernisasi ticketing di objek wisata bersejarah yang menjadi ikon Kota Semarang dan dilakukan oleh PT KAI Daops IV Semarang, khususnya di Museum Lawang Sewu yang berlokasi di kawasan Tugu Muda.

Sebelumnya, lanjutnya, sistem tiket yang diterapkan kepada pengunjung masih bersifat manual yang tidak dilengkapi dengan deteksi valid untuk tiket pengunjung objek wisata Lawang Sewu Semarang.

“Dengan sistem tiket elektrik ini, barcode menunjukkan tanggal berlaku tiket, sehingga jika tiket sudah kedaluwarsa maka scanne‘ akan memberikan informasi bahwa tiket sudah tidak berlaku,” tuturnya.

Penerapan sistem tiket elektrik itu, dia menambahkan bagian dari implementasi penerapan web ticketing Museum Lawang Sewu, sekaligus sebagai inovasi terbaru dari pihak IT PT KAI Daops IV Semarang.

“Kami berharap dengan penerapan sistem tiket elektrik ini bisa lebih menertibkan layanan tiket bagi pengunjung Museum Lawang Sewu. Ya, sekaligus meningkatkan layanan kepada pengunjung yang lebih baik,” ujar Suprapto.

Dia menyebutkan harga tiket Museum Lawang Sewu Semarang dibandrol cukup terjangkau seharga Rp10.000 per orang, untuk pengunjung dewasa dan Rp5.000 bagi pengunjung pelajar atau anak-anak. (Suparman)

banner 521x10

Komentar