oleh

Nama Ketua DPRD Kabupaten Bogor Dicatut, Diduga Untuk Melakukan Penipuan

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Bagi pengguna media sosial (Medsos), khususnya Facebook (FB) dan Whatsapp (WA) diminta untuk berhati-hati dan waspada. Pasalnya, ada modus penipuan gaya baru dengan mencatut nama Ketua DPRD Kabupaten Bogor yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggunjawab dan diduga untuk melakukan penipuan dengan menggunakan akun FB palsu.

Menurut tangkapan layar, ada tiga akun FB dengan mengatasnamakan “Relawan Akang Rudi Susmanto, “Dulur Rudy Susmanto” dan “Rudy Susmanto”. Madus operandi yang digunakan oleh pelaku dengan cara mengirim pesan ke pengguna akun FB orang lain melalui inbox (masenger-red), dengan mengirim pesan emoticon (emot-red) “lambaian tangan”.

Setelah pengguna FB merespon masenger tersebut, kemudian si pelaku mengirim mesenger dengan kalimat “giman kabarnya?”. Selanjutnya dalam percakapan lewat masenger itu, pelaku mengajak ngorol seperti seakan-akan pelaku sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto.

Tangkapan layar Whatsapp yang dikirm oleh pelaku kepada calon korban

Kemudian pengguna FB secara tidak sadar memberikan nomor kontak WA ke pelaku dan pelaku memberikan nomor kontak WA nya, yang pada akhirnya percakapan beralih dari mesenger FB ke WA. Bahkan dalam percakapan di WA itu, ujung-ujungnya pelaku minta tolong pinjam sejumlah uang dan minta ditransfer.

Dalam tangkpan layar WA, pelaku mengirim pesan “mohon maaf sebelumnya, jadi saya kan skrg sdng ada urusan dan saya sudah janji dgn kawan saya kalau mau transfer ke dia 2 juta… jenengan bisa bantu saya dulu gak untuk transfer ke kawan saya.. nati sore sekitar hbs ashar saya ganti & transfer blk ke jenengan nya..

Menurut salah seorang pemilik akun FB yang enggan disebut namanya, dirinya nyaris menjadi korban penipuan oleh pelaku, karena dirinya tidak yakin jika Ketua DPRD pinjam uang. Namun untungnya, dirinya tidak merespon permintaan pelaku yang akan meminjam uang dan akhirnya dirinya langsung memblokir nomor kontak WA pelaku 085215157639 yang sebelumnya di FB dengan menggunkan akun FB “Rudy Susmanto”.

Akun FB Rudy Susmanto yang diduga palsu

“Pelaku ketika diajak komunikasi dalam WA tersebut sangat fasih berbahasa jawa halus, sehingga semakin meyakinkan saya atau orang lain, mengingat Ketua DPRD Kabupaten Bogor tersebut berasal dari Solo Jawa Tengah,” tutur salah seorang pemilik akun FB yang enggan disebutkan namanya tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto ketika dikonfirmasi melalui WA membantah soal nomor WA yang digunakan oleh pelaku, karena nomor tersebut bukan nomor WA miliknya. Bahkan dirinya mengatakan, bahwa dirinya sudah lama tidak menggunakan Medsos.

“Jika ada nomor kontak WA atau nomor HP yang lain jangan direspon, karena banyak penipuan. Tapi, jika selama digunakan untuk yang baik nggak apa-apa,” kata Rudi melalui pesan WA kepada inilahonline.com, Minggu (27/12/2020)

Hingga berita ini ditayangkan, Senin sore (28/12/2020), Ketua DPRD Rudi Susmanto belum berhasil ditemui dan belum bisa memberikan keterangan, sehingga kasus dugaan penipuan yang mencatut namanya ini belum mendapat penjelasan dari yang bersangkutan. “Bapak masih ada tamu, sehingga belum bisa ditemui,” ujar salah seorang staf Ketua DPRD Kabupaten Bogor bernama Aditya. (Red)

Komentar