oleh

Objek Wisata Kelas Dunia, Gubernur Jabar Lakukan Ground Breaking Situ Bagendit

INILAHONLINE.COM, KAB. GARUT

Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut mulai berdandan atau dilakukan penataan besar-besaran. Situ destinasi wisata seluas kurang lebih 120 hektar kebanggan masyarakat Garut itu akan ditata sebagai objek wisata berkelas dunia selama 14 bulan. Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Kang Emil) melakukan ground breaking penataan kawasan Situ Bagendit, Rabu (11/11/2020).

“Ini berawal dari diskusi kecil bersama Presiden Jokowi tahun lalu, lalu berkembang dan Alhamdulillah terwujud rencana penataan Situ Bagendit ini” ujar Kang Emil.

Menurut Kang Emil, penataan Situ Bagendit akan dibagi dalam 6 zona dan ditargetkan selesai dalam waktu 14 bulan, 2 bulan di tahun 2020, dan 12 bulan di tahun 2021.

“Jadi Insya Allah situ Bagendit akan dinikmati dengan wajah baru, kira-kira akhir tahun 2021. Insya Allah kita upayakan nanti reuni kembali di sini dalam persemian dengan Presiden” harap Kang Emil.

Penataan situ Bagendit didanai Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR sebesar Rp 82 milyar. Kang Emil berharap dalam pengerjaan penataan menggunakan sumber-sumber lokal, agar membangkitkan ekonomi daerah.

“Pekerjanya kalau memungkinkan warga daerah, catering, bahan baku dan lain-lain harus diupayakan menggunakan sumber lokal” ungkapnya.

Selain itu Kang Emil juga menitipkan kepada pihak keamanan setempat agar mengamankan proyek nasional tersebut agar pekerjaan berjalan lancar tanpa gangguan. Ground breaking penataan kawasan situ Bagendit dihadiri pula Bupati dan Wakil Bupati Garut, serta seniman dan juga penggiat lingkungan Acil Bimbo. (Frida)

Komentar