Obor Asian Games akan Tiba di Bogor, Sambil Lihat Jangan Lupa Kunjungi 10 Destinasi yang Menjajikan

11/08/2018 12:22:41 Kategori: , , ,

INILAHONLINE.COM, BOGOR - Rangkaian acara Torch Relay (Kirab Obor) Asian Games 2018 di Kota Bogor pada 14 Agustus mendatang, selain akan diikuti banyak pelari dari komunitas juga akan dimeriahkan dengan penampilan seni budaya tradisional Sunda. Rencananya atraksi itu akan disuguhkan saat api obor tiba di Balai Kota Bogor.

Wali Kota Bogor Bima Arya dan para torch bearer tiba di Balai Kota langsung akan disambut sejumlah penari yang akan membawakan tarian tradisional Sunda sesuai dengan instruksi Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

"Para penari inilah yang akan menyambut kedatangan rombongan di Balai Kota, dalam hal ini Pak Wali yang membawa api obornya bersama rombongan. Insya Allah ini akan menjadi penerimaan yang meriah," kata Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Seni Perfilman dan Kelembagaan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Sanusi, usai mengikuti rapat persiapan penyambutan Torch Relay Asian Games 2018 beberapa waktu lalu.

Tidak cukup sampai di situ, ia juga menerangkan, bahwa Disparbud juga telah menyiapkan panggung di Plaza Balai Kota. Nantinya akan kembali disuguhkan sejumlah tarian dari beberapa sanggar yang akan turut berpartisipasi untuk memeriahkan momen besar tersebut.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Bogor layak menjadi pilihan destinasi untuk mengisi liburan pada Agustus 2018. Sebab, Kota Hujan ini sudah menyiapkan sejumlah agenda, khususnya untuk memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia. Agenda yang ditawarkan sarat nilai. Ada unsur nasionalisme, kearifan lokal, hingga Torch Relay Asian Games 2018.

Pemkot Bogor menyiapkan acara istimewa dalam penyambutan mendatang. Acara istimewa ini juga sekaligus sebagai peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536.

"Karena ini event langka dan skala internasional. Apa salahnya kita buat semeriah mungkin, sekaligus mempromosikan Kota Bogor ke dunia internasional," ujar Menpar Arief Yahya, seperti dikutip Merdeka.com, Jumat (10/8/2018).

Menurut Menpar Arief Yahya, Bogor memang venue terbaik untuk menikmati liburan di Agustus. Event yang digelar sangat banyak dan penuh warna. Pokoknya luar biasa sekali. Ia juga berharap ajang ini dapat menarik minat wisatawan lokal serta mancanegara.

"Bisa melihat dari dekat api obor Asian Games ini tentu menjadi pengalaman bagus. Setelah itu, baru menikmati destinasi wisata yang ada di Bogor," ujarnya.

Untuk itu, jangan sampai anda terlewatkan untuk menyaksikan kirab obor Asian games 2018, sekaligus menikmati beberapa destinasi wisata yang ada di Bogor, seperti berikut ini :

1. Kebun Raya Bogor
Kebun Raya Bogor adalah salah satu obyek paling menarik untuk didatangi untuk wisatawan yang membutuhkan udara segar dan pemandangan hijau. Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar selain sebagai tempat rekreasi juga menjadi tempat untuk lebih mengenal lebih dari 15 ribu pohon.

2. Kampung Budaya Sindangbarang
Kampung Budaya Sindangbarang adalah tempat wisata di Bogor yang sudah ada sejak abad ke-12. Tertulis pada Babat Pajajaran dan dalam pantun Bogor, Sindang Barang merupakan keraton tempat tinggal salah satu isteri prabu Siliwangi. Banyak banyak hal tentang tradisi lokal masa lalu, bangunan rumah bergaya kuno. Kampung Budaya Sindangbarang adalah tempat permainan, musik, dan tari-tarian tradisional.

3. Taman Safari Indonesia
Dengan lahan pertama kali di bangun seluas 50 hektar yang kemudian diperluas menjadi 168 hektar Taman Safari Indonesia dapat menjadi alternatif saat berkunjung ke Bogor dan sekitarnya. Meteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Soesilo Soedarman masa itu menetapkan Taman Safari menjadi Destinasi Wisata Nasional yang kemudian diresmikan oleh Menteri Kehutanan Hasrul Harahap pada 16 Maret 1990. Koleksi satwa sekitar 2500 dari hampir seluruh penjuru dunia, termasuk satwa langka di antaranya harimau benggala, orang utan, singa, anoa, dan komodo.

4. Museum Zoologi
Museum Zoologi bisa menjadi satu tujuan liburan saat ke Kota Hujan. Museum yang sudah berusia 110 tahun ini, lokasinya cukup mudah ditemui karena berada di sisi depan pintu masuk ke Kebun Raya Bogor. Museum Zoologi merupakan ide J. C. Koningsberger, seorang ahli botani warga negara Jerman yang menetap di Belanda. Pada awal pembangunannya tahun 1894, berfungsi sebagai laboratorium zoolog dan wadah penelitian pertanian dan zoology.

5. Taman Wisata Mekarsari
Anda suka menikmati keindahan sekaligus menikmati buah-buahan dan sayuran? Taman Wisata Mekarsari bisa menjadi tempat alternatif berlibur yang tidak akan membosankan. Taman Buah Mekarsari dengan luas lahan sekitar 264 hektar ini, terdapat berbagai fasilitas seperti hotel dan penginapan, toko souvenir, rumah makan, dan berbagai hal lainnya. Didalamnya ada berbagai wahana menarik salah satu wahana paling di gemari pengunjung adalah wahana seperti Greenhouse Melon, Sabut Kelapa Outbound, Kids Fun Valle, dan lain sebagainya.

6. The Highland Park Resort
The Highland Park Resort salah satu destinasi wisata yang berkonsep tempat menginap mirip di Mongolia. Bentuknya memang seperti tenda jika dilihat dari luar, namun di bagian dalamnya pengunjung akan menemukan penginapan permanen dengan lantai kokoh, AC, tempat tidur, sofa bed, shower, wastafel, hingga toilet mewah. Pengunjung dapat melihat keindahan panorama Gunung Salak, bermain flying fox, berenang, dan futsal serta berkuda keliling resort.

7. Warso Farm
Objek wisata Warso Farm adalah agro wisata buah durian yang sangat terkenal di Kota Bogor. Lokasi Warso Farm terletak di Desa Cihedeung Kecamatan Cipelang Kabupaten Bogor. Objek wisata yang juga dikenal dengan nama perkebunan Durian Warso ini dahulu dirintis oleh seorang pensiunan TNI AD yang bernama Soewarso Pawaka. Bagi pecinta dan penikmat durian akan merasa puas bisa menemukan 900 pohon durian, terdiri dari 19 jenis dan 7 varietas unggul baik luar maupun lokal di area seluas 8,5 hektar. Ada juga tumbuhan lain seperti buah naga, jambu monyet, dan nangka. Anda bisa membeli dan memakannya di lokasi atau bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

8. Water Kingdom Mekarsari
Water Kingdom Mekarsari tempat petualangan air yang sangat mengasikkan. Wahana ini diluncurkan sejak 12 Desember 2012 dengan luas 5,2 hektar dan menjadi water park terbesar se-Asia. Terdapat 12 wahana permainan air terdiri dari delapan pool, empat slides dan satu water sports terdiri tiga kategori yaitu kolam renang, seluncuran dan wahana olahraga air. Fasilitas itu antara lain Kiddy Pool, Lazy River, Leisure Pool, Octopus Splash Pool, Olympic Size Pool, Boomerang Slide, Body Slide dan lainnya.

9. The Jungle Water Adventure
Objek yang satu ini juga telah lama menjadi salah satu pilihan rekreasi. Di sini pengunjung sepuasnya bergembira bermain air. Jungle Water Adventure memiliki konsep sebagai wahana terbuka hijau dengan pemandangan keindahan Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Terdapat banyak wahana permainan air yang seru seperti Kiddie Pool, Slide Pool, Racer Slide, hingga Spiral Slide dan Tube Slide yang memiliki panjang lintasan sekitar 100 meter dari ketinggian 12 meter.

10. Marcopolo Water Adventure
Satu lagi tempat rekreasi permainan air di Kota Bogor yang ramai didatangi yaitu Marcopolo Water Adventure. Di sini pengunjung menemukan berbagai permainan air seperti misalnya waterboom, geitser, ember tumpah, air mancur, banana boat, dan hal lainnya. Variasi kolam permainan air terbagi dalam kolam dewasa, anak, arus, pasir, dan air hangat (whirpool). (Mohammad Iqbal)