oleh

OJK Dorong BPR Kerjasama Dengan Himbara Dan Bank Jateng Untuk Akselerasi Penyaluran Kredit Ke UMKM

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Dalam upaya mendukung kebangkitan UMKM di Provinsi Jawa Tengah, Kantor OJK Regional 3 Jateng-DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah dan Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) DPD Jawa Tengah mengadakan Webinar dengan tema “Potensi dan Prospek Ekonomi UMKM Jawa Tengah di Masa Pandemi Covid-19”.

Dalam webinar tersebut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, Ema Rachmawati, menyampaikan, bahwa UMKM di Jawa Tengah memiliki kesempatan yang tinggi untuk melakukan ekspor ke negara lain, namun sering terbentur keterbatasan pemasaran dan akses pembiayaan.

Sementara Perbarindo DPD Jawa Tengah yang diketuai oleh Dadi Sumarsana, beranggotakan 249 BPR tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Hal ini menjadikan BPR sangat potensial untuk meningkatkan akses pembiayaan terhadap UMKM.

” Hingga Desember 2020, jumlah kredit yang disalurkan BPR kepada masyarakat mencapai Rp 28,08 triliun. Di tengah pandemi, kredit BPR tersebut masih tumbuh 4,37 %. BPR akan turut berpartisipasi secara aktif menyediakan pembiayaan murah kepada UMKM”, kata Dadi di Semarang, Jumat (26/2/2021).

Komentar