oleh

Pangdam XVII/Cenderawasih Resmikan Pusat Kuliner Di Sentani

INILAHONLINE.COM, JAYAPURA — Sebuah pusat kuliner resmi hadir di pinggiran Danau Sentani tepatnya di Kampung Sereh Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Pusat kuliner yang diberi nama sesuai nama bahasa asli Kampung Sereh Tua, yaitu Hele’yo tersebut diresmikan secara langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. Kamis (07/10/2021).

Hadir dalam peresmian, Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo secara virtual, Bupati Jayapura Bapak Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, anggota MRP Ny. Dorlince Mehue, tokoh adat, tokoh masyarakat setempat dan sejumlah pejabat di lingkungan Kodam XVII/Cenderawasih.

Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual mengungkapkan bahwa program ini sebenarnya adalah program yang sudah cukup lama direncanakan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Papua khususnya yang berada di wilayah Sentani.

“Program ini tercetus Pasca Banjir Bandang di Kabupaten Jayapura pada tahun 2019 yang menyebabkan lebih kurang 100 orang meninggal dunia. Saya dengan sejumlah pengusaha mempunyai gagasan untuk meningkatkan kembali perekonomian bagi masyarakat yang terdampak,” jelas mantan Kepala BNPB.

Lebih lanjut ditambahkan bahwa diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Sereh dan selain itu dapat juga digunakan sebagai tempat destinasi wisata apalagi saat ini PON XX masih berlangsung di Papua.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa berdirinya pusat kuliner The Hele’yo merupakan salah satu wujud implementasi dari 8 Wajib TNI yang diantaranya adalah membantu kesulitan masyarakat yang berada di sekelilingnya. Selain itu disampaikan juga bahwa program tersebut merupakan inisiasi dari Bapak Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo.

“Saya dapat sampaikan bahwa Pusat Kuliner The Hele’yo sebagai one stop shooping, dimana pengunjung yang datang selain berwisata melihat Danau Sentani yang indah, dapat juga berwisata kuliner dan berbelanja kerajinan tangan masyarakat Papua yang berada di dalam satu lokasi,” jelas Pangdam.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Jayapura menyampaikan ucapan terimakasih atas kepedulian Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Munardo dan Pangdam XVII/Cenderawasih atas bantuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Kampung Sereh.

“Dengan pendekatan seperti ini saya yakin bisa mempercepat kesejahteraan dan menciptakan kedamaian di Papua. Selain itu Pemda Kab. Jayapura juga telah bekerjasama dengan Kodam XVII/Cenderawasih, di bidang perkebunan dan juga bidang pendidikan, khususnya sekolah sepak bola, namun terkendala karena situasi Covid-19 dan kesibukan mempersiapkan pelaksanaan PON XX,” kata Bupati Jayapura.

Selanjutnya ditambahkan bahwa dengan dibangunnya tempat tersebut diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi pilot project untuk TNI, masyarakat dan Pemerintah Daerah khususnya di Prov. Papua.

Dalam kesempatan tersebut, Ny. Dorlince Mehue yang mewakili Ondofolo Kampung Sereh mengungkapkan bahwa Kampung Sereh yang bahasa aslinya disebut Hele’yo adalah kampung yang mempunyai nilai sejarah luar biasa. Hele’yo mempunyai arti tempat wadah air dan makanan yang berasal dari tanah liat. Ny Dorlince juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian yang begitu besar kepada masyarakat Papua khususnya masyarakat Kampung Sereh.

“Mewakili Ondofolo dan atas nama seluruh masyarakat adat Kampung Sereh mengucap syukur dan terimakasih kepada Bapak Letjen TNI (Purn) Dr. (HC) Doni Monardo, Pangdam XVII/Cenderawasih dan Bupati Jayapura atas pembangunan Pusat Kuliner The Hele’yo,” ungkapnya.

Dalam acara peresmian tersebut juga dilaksanakan penandatanganan penyerahan Pusat Kuliner The Hele’yo dari Pangdam XVII/Cenderawasih kepada Bapak Yanto Eluay yang diwakili oleh istri beliau Ibu Yolanda Eluay.

Di akhir kegiatan dilaksanakan pemberian bantuan paket sembako dan perlengkapan sekolah yang diserahkan secara langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih.(Badarudin)

Komentar