oleh

Panglima TNI Terima Gelar Doktor Kehormatan dari UNS

INILAHONLINE.COM, SOLO

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta akan memberikan gelar Doktor Kehormatan Honoris Causa (HC) , dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Pemberian gelar Doktor Kehormatan itu dijadwalkan akan digelar di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS, Jumat (20/9/2019).

Sekretaris Senat UNS Prof Drs Hasan Fauzi mengatakan, setelah sebelumnya Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan menyampaikan pidato ilmiah dengan judul `Membangun Sumber Daya Manusia Unggul dalam Menghadapi Era Perubahan Mewujudkan Indonesia Maju.

”UNS sudah mempertimbangkan alasan pemberian gelar Gelar Doktor Kehormatan kepada Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Karena pada prinsipnya setiap pemberian gelar kehormatan terdapat dasar hukumnya,”paparnya.

Pemberian gelar Doktor Kehormatan, menurutnya, sesuai dengan Permenristekdikti Nomor 65 tahun 2016 dan juga statuta UNS sebagai dasar hukum yang jelas. Seangkan alasan lainnya Panglima TNI dinilai memiliki banyak kelebihan dibidang tertentu yang dipandang melebihi pada umumnya.

“Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga memiliki konsep yang bagus dibidang Sumber Daya Manusia (SDM) terutama pendidikan dan kesehatan,” tuturnya.

Belum lagi di bidang pendidikan, lanjut Hasan, banyak sekali tulisan karya Panglima TNI yang sangat spektakuler serta komitmen beliau dalam bidang pendidikan yaitu dengan mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Pradita Dirgantara.

Selaian itu, pihaknya juga telah melakukan diskusi bersama Panglima TNI, dengan melibatkan Senat UNS, Rektor UNS dan Wakil Rektor IV UNS selama dua kali. Setelahnya hasil diskusi disampaikan kepada anggota Senat UNS untuk meyakinkan bahwa Panglima TNI ini, layak untuk memperoleh Gelar Doktor Kehormatan dari UNS.

“Bahkan Jenderal berbintang empat itu merupakan HC ke-4 dari UNS,” tuturnya.

(Suparman)

Komentar