oleh

Pelaksanaan PISEW Kabupaten Magelang Diusulkan Jadi Program Percontohan

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ir Sudjadi mengusulkan program Pembangunan Infrastruktur Ekonomi Wilayah (PISEW) di Kabupaten Magelang, menjadi percontohan tingkat nasional, karena dilaksanakan secara baik, tepat waktu, dan laporan administrasi secara elektronik sesuai ketentuan.

“Pelaksanaan program PISEW Kabupaten Magelang, bisa menjadi contoh untuk diusulkan ke Kementrian PU PR, karena pelaksanaan tepat waktu, laporan administrasi sangat bagus,” kata Ir Sudjadi secara virtual pada Serah Terima Infrastruktur Kegiatan Program PISEW, di Hotel Puri Asri Magelang, selasa (1/12-2020).

Program PISEW Kabupaten Magelang, disulkan di Kementerian PU PR, karena layak jadi percontohan tingkat nasional. “Uji coba ini berhasil, karena bermanfaat bagi masyarakat, bisa menjadi model ditingkat nasional, sehingga bisa menjadi contoh ke daerah lain,” katanya.

Menurut Sudjadi, pelaksanaan program PISEW yang berjalan sangat baik, maka Kabupaten Magelang akan ditambah dua kecamatan mendapatkan program PISEW, yakni Kecamatan Salaman dan Kaliangrik. PISEW, merupakan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan embung, lumbung desa, penetasan jalan, selokan, irigasi desa dan lainnya.

Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Prasarana Pemukiman Wilayah II Provinsi Jateng, Indra Bekti Nusantara S.T, menambahkan, program PISEW ini, dilaksanakan di 36 desa tersebar di 15 kecamatan di Kabupaten Magelang. Total anggaran sebsar Rp 1,7 milyar, dengan melibatkan 26.362 orang tenaga kerja warga desa setempat secara padat karya, sehingga dapat menambah pendapatan warga.

Ada tiga desa yang mendapat penghargaan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Jateng, pada serah terima infrastruktur kegiatan program PISEW Jateng II, juara 1 Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngablak, juara II Desa Banyusidi Kecamatan Pakis, dan juara III Desa Kaponan, Kecamatan Pakis.

Dikatakan Indra Bekti, pemeriksaan kegiatan PISEW di Kabupaten Magelang sangat bagus, sehingga disusulkan ke BPK sebagai contoh pelaksanaan terbaik, baik dari segi kegiatan, administrasi maupun laporan keuangan, karena semua kegiatan berlangsung tepat waktu.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Pemukiman Kabupaten Magelang, Kuntha Indra Data menyatakan, program PISEW yang diperjuangkan anggota DPR RI Ir Sudjadi, diharapkan terus berlanjut, karena program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga tahun depan bisa dialokasikan kembali.

“Program ini baru di 15 kecamatan, masih ada enam kecamatan yang belum mendapatkan program tersebut. Saya berharap, tahun depan ada penambahan program PISEW di Magelang,” pintanya. (ali subchi)

Komentar