Pelayanan Pertanahan Di Kantah Kabupaten Bogor Menyesuaikan PSBB

Megapolitan455 Dilihat

INILAHONLINE.COM, CIBINONG

Dengan berlakunya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kabupaten Bogor, maka pelayanan pertanahan di Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Bogor menyesuaikan dengan ketentuan. Demikian dikatakan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor, Sepyo Achanto kepada inilahonline, Rabu (15/4/2020)

“Sebagian besar pelayanan yang diberikan secara elektronik atau online dengan memanfaatkan web, yang intinya diharapkan untuk bisa menghindari kerumunan orang yaitu para pengguna layanan,” ujarnya

Menurut Sepyo, Selama pelaksanaan layanan online ini akan dilakukan monitoring dan evaluasi secara terus menerus, agar pelayanan bisa berjalan optimal. Selain itu, pihaknya juga berharap semoga kondisi seperti saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 akan segera normal kembali, sehingga pelayanan bisa dilaksanakan seperti sebelum adanya situsai seperti saat ini.

“Dengan diberlakukannya PSBB di wilayah kabupaten Bogor, maka kami melakukan penyesuaian dan mengambil kebijakan mengenai pelayanan secara online untuk jenis layanan pertanahan tertentu,” jelasnya.

Lebih lanjut Sepyo mengatakan, selama pelaksanaan layanan online, pihaknya melakukan monitoring dan evaluasi, sehingga pada akhirnya pihaknya mengeluarkan pengumuman Nomor : 1009/PENG-100.2/IV/2020 tertanggal 14 April 2020 yang menyebutkan, bahwa terhitung mulai tanggal 15 April sampai dengan 29 April 2020, Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor menyelanggarakan pelayanan secara eletronik.

“Layanan elektronik yang hanya bisa kami layani adalah Hak Tanggungan dan Roya, Zona Nilai Tanah, Pengecekan Sertipikat dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah saja. Adapun pelaksanaanya sesuai skema alir pelayanan,” jelasnya.

Sepyo juga menambahkan, untuk pelayanan yang terkait kegiatan lapangan untuk sementara tidak diberikan, yakni Pengukuran, Pengakuan Hak, Permohonan Hak, Pemecahan dan Penggabungan, Hal ini dilakukan, karena kegiatan tersebut harus turun ke lokasi yang saat ini sedang rawan dengan adanya pandemi Covid-2019.

“Selain kami harus mematuhi dan menjalankan PSBB, kami juga tidak berani ambil resiko jika petugas lapangan kami berada dilapangan ditengah mewabahnya Covid”, tandasnya.

Sebelumnya, Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor juga pernah mengeluarkan Pengumuman hasil Keputusan Rapat Nomor : 973/PENG-100/III/2020 tertanggal 20 Maret 2020 berdasarkan Surat Edaran (SE) Sekjen Kementrian ATR/BPN Nomor : 2/SE-100.TU.3/III/2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Tindak Lanjut Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di lingkungan Kementrian ATR/BPN dan mengacu pada SE Kakanwil BPN Provinsi Jawa Barat (Jabar) Nomor : UP.04.04/542-32/III/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Tindak Lanjut Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.
Adapun mengenai layanan Pengaduan atau Informasi Penyelesaian Berkas dapat mengakses di alamat website : www.lapor.go.id, www.atrcibinong.com atau melalui WhatSapp Customer Service 08175027555, Instagram : kantah_kabbogor dan Facebook Atr Cibinong.

(Piya Hadi)

banner 521x10

Komentar