oleh

Pembuatan Film ‘Pohon Terkenal’ Dibuat di Lingkungan Akpol Semarang

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – Pendidikan siswa Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang bakal difilmkan melalui layar lebar oleh Kepolisian Republik Indonesia. Film yang mengisahkan tentang pembentukan seorang perwira polisi mulai dari proses penerimaan di Akademi Kepolisian (Akpol) hingga lulus. Padahal di lingkungan pendidikan tersebut terdapat aturan disiplin ketat yang harus dilakukan oleh para siswa, sehingga pendidikan ini benar-benar menghasilkan pemimpin kepolisian dimasa mendatang dengan integritas yang tinggi.

”Dalam film ini sebenarnya mengisahkan bagaimana menjadi seorang perwira polisi, yang dimulai dari proses penerimaan sampai lulus dan dilantik menjadi polisi. Jadi dalam film ini memberikan informasi kepada anak-anak sekolah yang masih duduk di bangku SMP atau SMA yang ingin menjadi bhayangkara negara,”kata Kepala Divisi Hubungan Kemasyarakatan Polri Irjen Pol Setyo Wasisto di sela-sela pengambilan video di kompleks Akpol Semarang, Rabu (12/9/2018).

Dijelaskan Setyo, film berjudul “Pohon Terkenal” ini akan mengisahkan tentang proses menjadi seorang perwira polisi. namun Plot film ini mulai dari awal seleksi, termasuk kisah-kisah selama mengikuti pendidikan. “Selama ini masyarakat hanya melihat hasil seorang perwira polisi. Tetapi proses menuju itu banyak yang belum tahu,” katanya.

Menurut dia, selama ini masyarakat tidak tahu secara jelas dan gamblang bagaimana recruitmen dan pendidikan Polri, tetapi dengan dibuafilmnya ini masyarakat bisa tahu seluk beluknya prosesnya dalam menempuh pendidkan di lingkungan Akpol.

”Jadi Kepolisian RI dalam pembuatan film ini, ingin menyampaikan ke masyarakat tentang proses seleksi yang akuntabel. Apalagi dibiayai oleh masyarakat sehingga kami ingin masyarakat mengetahuinya,” tambahnya.

Meski demikian, lanjut dia, dengan dibuatnya proses belajar mengajar didalam pendidikan Akpol melalui film ini, nantinya profesi sebagai seorang polisi bisa menjadi salah satu pilihan bagi masyarakat. ”Masyarakat sudah tidak ragu lagi untuk mengikuti seleksi pendidikan kepolisian di masa mendatang.,”ujarnya.

Setyo Wasisto menambahkan, Film yang disutradarai Monty Tiwa tersebut akan dibintangi Umay Shahab, DOP Rollie Marciano dan Art Director Angga Bochel. Diharapkan film yang akan dilaksanakan dalam tiga belas hari bisa selesai sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Kepolisian RI.

”Dalam pembuatan Film ini hampir 80 persen diambil dalam lingkungan lembaga pendidikan di Akpol, lainnya diambil berada diluiar lingkungan,”paparnya.

Monty menjelaskan, 70 hingga 80 persen lokasi pengambilan gambar film ini, akan dilakukan di lingkungan Akpol Semarang. Ada beberapa titik di Semarang, tetapi sebagian besar ada di Akpol,Pengambilan gambar sendiri akan mrmbutuhkan waktu sekitar 13 hari. “Pohon Terkenal” sendiri akan diputar perdana pada November 2018,”ujarnya.(Suparman)

Komentar