oleh

Pembukaan TMMD ke-105 Jatim, Mampu Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme

INILAHONLINE.COM, SURABAYA

Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Inf Singgih Pambudi Arinto, S. IP, M. M, menilai jika berbagai suguhan hiburan maupun atraksi yang ditampilkan oleh prajurit TNI-AD ke masyarakat di lokasi TMMD, mampu menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme.

Ditemui di ruangan kerjanya, mantan Dandim Tarakan itu menilai jika berbagai hiburan yang disuguhkan pada acara pembukaan TMMD kemarin. Kamis (11/7), sejatinya merupakan wujud kepedulian TNI kepada rakyat.

“Itu merupakan bukti sekaligus simbol jika TNI harus selalu ada dan mampu mengatasi setiap permasalahan yang timbul di masyarakat,” kata Kapendam. Jumat (12/7/2019).

Tidak hanya itu saja, kata Kolonel Singgih, selain diwajibkan untuk menyelesaikan setiap pembangunan di lokasi sasaran TMMD, Satgas juga diharuskan untuk bisa mewujudkan Kemanunggalan antara TNI dan rakyat. “Sebab, rakyat merupakan ibu kandung TNI. TNI, harus bisa menyatu dengan rakyat,” bebernya.

Selain bersinergi dengan masyarakat, pencetus buku berjudul Pendekar Nusantara Menantang Sun Tzu tersebut menilai, personel TNI yang nantinya ditugaskan di lokasi TMMD, juga diharuskan untuk bisa bersinergi dengan stakeholder terkait.

“Semua pihak dilibatkan selama berlangsungnya TMMD, termasuk diantaranya pihak Pemda, Polri hingga elemen masyarakat,” kata Kapendam.

Sebab, ia menilai, keberhasilan selama berlangsungnya program TMMD, tak luput dari peran serta seluruh pihak terkait. “Jadi, program TMMD bisa berhasil atas campur tangan semua elemen bangsa,” tandas almamater Akademi Militer tahun 1997 ini.

(Pendam V/Brawijaya)

Komentar