oleh

Pemkab Demak dan Kota Semarang Raih Prestasi Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Prestasi membanggakan diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak dan Kota Semarang Jawa Tengah terkait Inovasi Layanan Publik. Dalam gelaran Kompetisi yang dilebel “Span Lapor” tersebut, Kabupaten Demak meriah Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik.

Menurut Sekretaris Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) Republik Indonesia (RI) Dwi Wahyu Atmadji, kompetisi tersebut merupakan upaya dalam rangka membangun terobosan dan meningkatkan layanan publik.

Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari seleksi administratif sampai pada aspek teknis yang dilakukan oleh Tim Juri sangat kredebil juga kompeten. Artinya pemenang kompetisi ini merepresentasikan kontestan yang memang memiliki concern dalam upaya memberikan komitmen layanan publik terbaik.

“Ada sejumlah kategori yang dikompetisikan meliputi bidang bidang yang telah ditetapkan oleh Kemenpan, seperti kategori outstanding achievement Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 dan pengelolaan system pengaduan Pelayanan terbaik,” jelas Dwi Wahyu Atmadji.

Menurutnya, kepesertaan adalah meliputi pemerintahan dan juga unit instansi, seperti rumah sakit. Jawa Tengah patut berangga karena meraih tiga katetori, yakni untuk Kategori Outsanding Achievement Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang diraih Kota Semarang, kemudian Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik diraih oleh Kabupaten Demak, dan untuk Unit Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik diraih oleh RSUD Prof Mardono Soerkarjo Purwokerto.

Sementara itu, Pakar Kebjakan Publik, Dr Trubus Rahardiyansah yang juga Staf Pengajar Fakultas Hukum (FH) Universitas Trisaksi Jakarta menyampaikan aspresisasi dengan kompetisi ini. Dia mengharapkan terobosan semacam ini juga dkembangkan oleh instansi dan kementerian yang lain. Artinya ada upaya untuk mendorong setiap penyelenggara layanan publik melakukan kompetisi serupa.

Trubus secara khusus memberikan catatan prestasi yang ditempuh oleh Pemkab Demak. Prestasi Demak dapat menjadi contog daerah lain. ‘’Saya salut dan memberikan apresisasi khusus capaian Pemkab Demak ini. Ini momentum yang sangat positif, semoga Demak sebagai penyangga Semarang dapat memiliki percaya diri lebih untuk bersaing ke depan,’’katanya.

Apresisasi serupa juga datang dari orang nomor satu di Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gubenur mileneal ini mengaku bangga atas prestasi yang diraih Kab Demak, Kota Semarang dan juga RSUD Margono Soekarjo Purwokerto. Harapan Ganjar prestasi itu dapat menjadi modal membangun pondasi layanan publik yang lebih bemartabat di Jawa Tengah.

Selain penghargaan kategori di atas, Demak jga menempatkan diri 45 besar terbaik nasional untuk Inovasi Pelayanan yang diberi judul Cengkeraman Mata Elang. Dua capaian itu menurut Sekda Kab Demak, Singgih diharapkan jadi momentum penting. “Ya semoga prestasi ini jadi pelecut seluruh komponen dan stakehokder yang ada untuk memacu diri,” katanya, kemarin.

Terkait dengan kompetisi ini, informasi dari Kemenpan penyerahan penghargaan akan dilakukan oleh Menpan, Tjahyo Kumolo, SH. Ada pun tempat pelaksanaan digelar di Gedung Tribrata, Jl Darmawangsa III No 2 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. (CJ/Jayanto Arus Adi)

Komentar