oleh

Pemkot Bogor Hadir di Rakernas Apeksi 2019 Semarang

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Wali Kota Bogor Bima Arya bersama jajaran Pemerintah Kota Bogor hadir dalam welcome dinner Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2019 di The Renaissance Ballroom, Kota Semarang, Selasa (2/7/2019) malam.

Dalam acara yang diikuti delegasi dari 98 kota di Indonesia ini, kata Bima, Kota Bogor bukan sekedar berpartisipasi, melainkan untuk mengeksplor program-program terbaik dari setiap daerah sekaligus ikut mencari solusi atas persoalan yang ada di setiap daerah.

“Semarang ini menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia karena mendapatkan penghargaan langsung dari Presiden terkait pembangunan daerah ketika Musrenbang. Makanya kemarin saya minta Bappeda untuk merancang itu semua dengan baik. Kita targetkan Kota Bogor sebelum 2024 mendapatkan predikat itu. Jadi silahkan para kepala OPD, BUMD dan lain-lain, silahkan eksplore semuanya di sini,” ungkap Bima usai menghadiri acara welcome dinner Rakernas Apeksi di Semarang.

Dalam partisipasinya, Kota Bogor akan menjadi bagian dalam Indonesia City Expo (ICE). Bahkan, Bima Arya terlihat turun langsung memantau persiapan pameran yang akan menampilkan potensi Kota Bogor.

Kota Bogor akan mengisi tiga stand berukuran 3×15 meter yang akan menampilkan produk khas Kota Bogor, baik yang sifatnya informasi investasi maupun promosi produk dari mulai batik, makanan, kerajinan dan lain sebagainya.

ICE sendiri akan dibuka pada Rabu (3/7/2019) sore di kawasan Simpang Lima, Semarang. Sebelum itu, acara akan terlebih dahulu diisi dengan Rakernas Apeksi yang rencananya akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Ballroom Hotel Po Semarang.

“Akan ada diskusi panel yang akan membahas berbagai tema seperti soal dana transfer daerah, dana kelurahan dan mengenai solusi penyelesaian tenaga K-2. Saya juga akan membawa isu zonasi pada PPDB yang seperti kita ketahui bersama telah menimbulkan polemik,” jelas Bima.

Selain itu, dalam helatan yang akan berlangsung sejak 2-5 Juli 2019 ini akan disuguhkan pula Pawai Budaya dari para delegasi daerah yang hadir, termasuk Kota Bogor. Kota hujan ini akan menampilkan Tari Payung Pajajaran dari Sanggar Citra Budaya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi selaku tuan rumah menyambut dengan hangat para kepala daerah dan delegasinya yang hadir dalam Rakernas Apeksi 2019.

“Acara ini luar biasa. Silaturahmi kepala daerah, komunikasi. Persoalan di Pemkot hampir sama, tinggal dikomunikasikan saja lebih intens. ada daerah yang bisa menyelesaikan persoalan A, ada daerah yang bisa persoalan B. Sehingga dengan adanya seluruh pemerintah kota berkumpul hari ini, kami bisa saling menginspirasi dan terinspirasi dari best practice di berbagai kota,” ungkap Hendrar.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diany, yang juga Wali Kota Tangerang Selatan.

(Periksa Ginting)

Komentar