oleh

Pemprov Jabar Berlakukan Tanggap Darurat Bencana

INILAHONLINE.COM, KARAWANG

Pemerintah Provinsi Jawa Barat, berlakukan masa tanggap darurat bencana hingga 7 Januari 2020, status tanggap darurat bencana untuk enam kabupaten/kota yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil. Menurut dia, penetapan status tanggap darurat bencana untuk enam daerah tersebut berlaku selama dua minggu ke depan.

“Biasanya dua minggu. Karena cuaca ekstrim ini akan terjadi selama lima hingga tujuh hari ke depan,” ujar Gubernur Emil setelah mengunjungi lokasi banjir di Karawang. Minggu (5/1/2020).

Setelah melakukan pemantauan dan ber koordinasi, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dan Bupati Bekasi Eka Supriaatmaja bersama tim muspida dan relawan dengan segala keterbatasan sudah mencoba bekerja dengan baik dan maksimal dalam kejadian musibah kemarin.

“Tetap waspada sampai seminggu ke depan karena faktor cuaca yang cenderung tidak pasti dan ekstrim,” katanya.

Setelah tanggap darurat selesai, minggu depan pemprov, kata Emil, akan rumuskan solusi teknis setelah melakukan uji teknis penyebab banjir ke depannya agar hal serupa tidak terulang kembali.

“Pemprov akan berkordinasi dengan pemerintah pusat untuk solusi banjir kedepan,” imbuhnya.

(Joen)

Komentar