oleh

Pemprov Jawa Tengah Cairkan THR Rp170 Miliar untuk Pegawainya

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil mencairkan tunjangan hari raya (THR) tahun ini, sebesar 170 miliar yang diperuntukkan kepada pegawai negeri sipil (PNS atau sekarang berubah menjadi Asosiasi Sipil Negara (ASN) di lingkungannya.

”Dengan cairnya tunjangan ini maka diharapkan bisa membantu kebutuhan menjelang hari raya dan mencukupi untuk kebutuhan anak yang mau masuk sekolah dalam ajaran tahun baru kali ini,”ujar Marno Pelaksana Tugas (PLt) Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemprov Jateng di Semarang, kemarin.

Menurut Marno, selain mencarinya tunjangan hari raya, Pemprov juga mengalokasikan anggaran Rp 220 miliar untuk gaji ke-13 kepada para ASN dan mau didistribusikan pada 9 juli 2017.

”Pada bulan Juni 2017 para ASN menerima tiga kali pemberian yaitu gaji bulanan, THR dan tambahan penghasilan pegawai (TPP). Sedangkan pada Juli 2017 juga tiga kali, gaji, TPP dan gaji ke-13,”paparnya.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengaku telah menandatangani surat pemberitahuan membayar. Setelah itu, THR langsung di tarnsfer ke rekening masing-masing ASN Pemprov Jateng.

”Tahun ini seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jateng terpaksa tidak bisa mendapat TPP ke-13 seperti menjelang lebaran tahun lalu, karena melihat kondisi keuangan pemerintah yang memang tidak memungkinkan,”ujarnya.

Terkait hal tersebut, Sekda Jateng meminta seluruh ASN untuk memakluminya, apalagi pendapatan APBD Pemprov Jateng 2016 tidak memenuhi target, yaitu hanya 93,54 persen atau Rp 19,6 triliun dari yang ditarget Rp 20,988 triliun.

“Jadi TPP itu diberikan sesuai kemampuan daerah. Kalau cakupannya 12 ya 12 saja. Kalau kondisi keuangan pemerintah membaik, pasti akan dibagikan. Tidak usah khawatir sudah ada THR dan gaji ke-13, saya rasa itu sudah cukup,”katanya.(Suparman)

Komentar