oleh

Pemuda Di Pesisir Pantai Harus Menjadi Penggerak Ekonomi Maritim

INILAHONLINE.COM, PANGKAL PINANG –  Pemuda di pesisir pantai harus menjadi penggerak ekonomi maritim. Hal itu dikatakan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Faisal Abdullah saat membuka sekaligus memberikan arahan melalui virtual zoom di BW Suites Hotel Pangkal Pinang Provinsi Bangka Belitung, Senin (1/11/2021).

“Bangka Belitung memiliki keindahan pantai yang luar biasa, dimana tentunya ini merupakan potensi untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat melalui pemanfaatan dan pemberdayaan ekonomi disepanjang pesisir pantai,” paparnya.

Menururt Faizal,  para pemuda yang dekat dengan pesisir diharapkan mampu berperan aktif menjadi bagian roda penggerak ekonomi dalam bidang kemaritiman. Dari kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat di provinsi Bangka Belitung yang merupakan provinsi kepulauan, dengan melibatkan berbagai komunitas dan organisasi kelautan dan kemaritiman.

Ketua pelaksana kegiatan virtual zoom  Bastaman Harahap dalam laporannya juga menjelaskan, bahwa kegiatan dengan tema “Pilot Project Kebijakkan Peningkatan Kapasitas Pemuda Melalui Kegiatan Pendukung Pemberdayaan Pemuda Dalam Peningkatan Ekonomi di Bidang Kemaritiman.

“Peserta kegiatan ini dikuti 40 orang peserta dari berbagai komunitas dan organisasi kelautan dan kemaritiman diantaranya Gerakan Pemuda Maritim dan Komunitas Pemuda Pesisir dari berbagai Desa, Kecamatan dan Kabupaten yang ada di Provinsi Bangka Belitung,” ungkapnya.

Lebih lanjut Basraman Harahap memaparkan, kegiatn virtal zoom ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemuda di bidang kemaritiman, meningkatkan kecintaan pemuda terhadap Tanah Air,  meningkatkan wawasan kebangsaan dan nasionalisme, meningkatkan kecintaan kelautan di kalangan pemuda serta untuk meningkatkan persaudaraan dan kerjasama di kalangan pemuda. 

“Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan jiwa wirausaha dan industri kebaharian di kalangan pemuda dengan memanfaatkan laut dan pesisir pantai yang mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi industri pariwisata atau olahraga rekreasi nasional dan internasional,” tandasnya.

Bastaman juga mengatakan, kegiatan virtual zoom ini juga tetap mengikuti tahapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, dimana kewajiban penggunaan masker selama acara dan syarat telah melakukan vaksinasi bagi para peserta yang hadir diacara tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Belitung Subagio yang juga sebagai moderator dan PIC selama kegiatan tersebut, mengapresiasi gelaran acara yang dilaksanakan Deputi 1 Kemenpora di wilayahnya serta mengucapkan terima kasih atas partisipasi para pemuda yang telah hadir di acara tersebut. 

“Terima kasih kepada Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora yang sudah menjadikan Belitung sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan kemaritiman ini, semoga dapat memberi manfaat bagi masyarakat khususnya para pemuda yang ada di wilayah kami,” katanya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum Mirang Uganda yang hadir mewakili Bupati Belitung dalam kegiatan tersebut, sejumlah pengisi materi kegiatan, diantaranya Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Belitung Firdaus Zamri, Founder & Chairman Indonesia Maritim Youth (Maritim Muda) Kaisar Akhir, Founder dan Direktur Tarsius Center Indonesia Foundation Budi Setiawan.

Selain itu, gelaran kegiatan Pilot Projek ini berlangsung selama 2 hari, dimulai dari tanggal 1 s.d 2 November 202, juga hadir Founder dan Coo Ikan Segar Indonesia Catur Prasetyo, Direktur Utama Bungin Mandiri Group Tison Sahabuddin, Ketua Belitong Geopark Youth Community (BGYC) Bintang Hermawan Putra, Owner Explore Belitung Muhammad Hadrian Fajar.  (CJ / Salim) 

Komentar