oleh

Pengembangan GNCP menuju UGG Diperlukan Pemberdayaan Masyarakat Setempat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Kepala Divisi CSR Bio Farma, R. Herry menyatakan pemberdayaan masyarakat menjadi salah satu upaya kolaboratif antara Bio Farma dengan warga setempat dalam mempersiapkan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (GNCP) menuju UNESCO Global Geopark (UGG) di kawasan Geopark.

‚ÄúProgram penting lainnya adalah memperkenalkan konsep Geopark kepada masyarakat setempat, peningkatan kapasitas masyarakat lokal, program pipanisasi air bersih bagi masyarakat, membe-rikan pelatihan dan pembinaan untuk panduan homestay dan wisata lokal,” ujarnya, kepada sejumlah wartawan, Rabu (2/8/2017).

Selain itu, pengembangan dan promosi batik ramah lingkungan yakni Batik Pakidulan, pelestarian tanaman endemik, mangrove dan terumbu karang, serta memfasilitasi akses terhadap layanan kesehatan dan obat-obatan.

Ia menambahkan pada evaluasi UGG ini, Tim Asesor selain menilai potensi Geo-Heritage, juga melihat bagaimana keterlibatan masyarakat dalam pengembangan Geopark. Baik dalam pengelo-laan, kreasi Geo-product, maupun dalam edukasi mengenai Geopark. Kunjungan akan dilakukan diantaranya kepada mitra CSR Bio Farma di GNCP.

Bio Farma telah melakukan, sejumlah program pengembangan masyarakat sejak 2013-2017 di kawasan Geopark Ciletuh, seperti pendampingan dengan masyarakat lokal dalam aspek pengem-bangan yang berkelanjutan antara lain dengan Komunitas PAPSI, peningkatan kapasitas warga di area GNCP dalam bentuk workshop, kunjungan studi banding, dan pelatihan pemasaran.

Pengembangan masyarakat pada 40 rumah tangga, 2 homestay, dan 21 usaha mikro yang telah menerima pasokan air bersih. Juga di sektor pariwisata, sebanyak 33 homestay dan 140 pemandu wisata yang juga telah mendapatkan pelatihan. (Hilda)

Komentar