oleh

Peningkatan Kesehatan Warga Kota Bogor Melalui Kegiatan “Bogor Anjang Sehat”

Oleh : Yuliana, SKM, Administrator Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bogor

Kesehatan masyarakat memiliki peranan yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) penanggulangan kemiskinan dan pembangunan ekonomi.

Kesehatan masyarakat juga bertujuan dalam peningkatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam pemahaman pengertian sehat sakit, mengatasi masalah kesehatan dan tertanganinya kelompok keluarga rawan, kelompok khusus dan kasus yang memerlukan penanganan tindak lanjut dan pelayanan kesehatan.

Menginat pentingnya hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Bogor melakukan upaya melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Bogor agar mengintegrasikan program yang dilaksanakan dengan pendekatan keluarga dalam pelaksanaan kunjungan rumah ke wilayah melalui program Bogor Anjang Sehat.

Bogor Anjang Sehat merupakan program unggulan Walikota Bogor Bima Arya yang telah ditetapkan dalam Peraturan Wali Kota (Perwali) Bogor Nomor 96 tahun 2019 tentang Layanan Kunjungan Rumah, Layad Rawat, dan Bogor Anjang Sehat sesuai misi Kota Bogor, yaitu mewujudkan kota yang sehat.

Bogor Anjang Sehat merupakan kegiatan kunjungan rumah dalam mengupayakan petugas Puskesmas secara proaktif untuk menjangkau sasaran pada wilayah kerja yang terindikasi dengan pola penyakit tertentu baik penyakit menular maupun tidak menular, dengan intervensi selayaknya dan disesuaikan berdasarkan kondisi dan keadaan serta kebijakan baik dari bidang kesehatan maupun bidang atau sektor lain pendukungnya yang bertujuan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi keluarga dan masyarakat Kota Bogor Sehat.

Petugas Dibkes Kota Bogor melelaui petugas Puskesmas melakukan pemetaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Alur kegiatan Bogor Anjang Sehat ini sendiri diambil dari data yang sudah dilakukan pemetaan keluarga bermasalah yang ada pada PIS PK atau lintas program di wilayah kerja Puskesmas serta dapat juga data laporan dari klien atau keluarga atau masyarakat yang melapor ke Puskesmas, petugas kesehatan Puskesmas akan melakukan kunjungan rumah dan melakukan pengkajian dan pemeriksaan terhadap pasien yang kemudian akan diberikan perawatan langsung, penyuluhan kesehatan, pemberian dan terapi dan akan dilakukan rencana kunjungan berikutnya jika diperlukan.

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” menjaga kesehatan bagi diri kita merupakan hal yang sangat penting yaitu dengan melakukan cek kesehatan secara teratur, melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur serta menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan kunjungan rumah ini sudah dimulai sejak tahun 2018 di Kota Bogor dalam upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor dalam menggerakan Puskesmas Kota Bogor dalam meningkatan kesehatan Masyarakat Kota Bogor. (Advetorial)

banner 521x10

Komentar