oleh

Penyelundupan Mobil Sport Porcshe Carrera 911 Berhasil Digagalkan Satgas Pamtas Yonmek 643

INILAHONLINE.COM, ETIKONG-KALBAR

Satu unit mobil Sport Classic jenis Porsche Carrera 911 berhasil diamankan Tim Patroli Satgas Yonmek 643/Wns di Kampung Ngabang, Dusun Guna Banir.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto dalam keterangan rillisnya yang diterima inilahonline.com saat Conference Press bersama awak media di Pos Kotis Gabma Entikong, Kabupaten Sanggau, Jumat (26/7/19).

Dikatakan Dansatgas, pengungkapan berawal saat Pos Guna Banir melakukan patroli rutin wilayah yang dipimpin Danpos Lettu Inf Debry.
“Saat tim patroli masuk ke daerah Kamp Ngabang, tim menemukan sebuah mobil. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata mobil sudah ditinggalkan oleh pelakunya,” terangnya.

“Ini salah satu modus penyelundupan menggunakan jaring terputus. Dimana pelaku meninggalkan mobil tersebut untuk diambil pelaku lainnya serta dibawa keluar Dusun Guna Banir,” jelasnya.

Eko menyampaikan, terungkapnya mobil selundupan tersebut menandakan bahwa, disepanjang jalur perbatasan masih memiliki kerawanan yang tinggi terhadap masuknya barang-barang ilegal ke Indonesia.

“Penyelundupan, menimbulkan kerugian serius bagi negara. Ini upaya kita (Satgas) untuk membatasi ruang gerak penyelundupan,” tegasnya.

“Dengan patroli rutin yang kita lakukan. Selain untuk memastikan keamanan sepanjang wilayah perbatasan, patroli juga sangat efektif sebagai upaya pencegahan masuknya barang ilegal, ” tambahnya.

Menurutnya, keamanan dan ketertiban wilayah perbatasan akan terwujud jika semua komponen bersinergi melakukan upaya pencegahan, pengawasan, dan penegakan hukum terhadap pelaku penyelundupan.

“Seperti apa yang kita lakukan dengan Custom, Immigration, Quarantine, and Security (CIQS) dalam mengungkap penyelundupan ini, ” ungkapnya.

“Saling bersinergi melakukan pengawasan. Patroli bersama di wilayah perbatasan perlu dilakukan. Sebab, perbatasan sering kali menjadi pintu masuk penyelundupan,” tandasnya.

Terpisah, Staf Bea Cukai Entikong Erif mengatakan, mobil Sport Classic jenis Porsche Carrera 91, berwarna grey tersebut, saat ini disita untuk kemudian dilelang. Namun demikian, saat ini aparat sedang fokus mencari pelaku penyelundupan mobil tersebut.

Hal senada juga dikatakan Iptu Eeng dari Polsek Entikong, saat ini kasus tersebut sedang dalam tahap penyelidikan.

“Telah ada beberapa nama yang dicurigai terlibat dalam penyelundupan mobil tersebut, namun guna kepentingan penyelidikan nama-nama tersebut masih dirahasiakan,” ucapnya.

Hadir pada Press Conference antara lain Kacabjari Entikong, Perwakilan Bea Cukai Entikong, dan Perwakilan Polsek Entikong. Saat ini barang bukti, masih diamankan oleh Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns di Pos Kotis Gabma Entikong.

(Mohammad Iqbal)

Komentar