oleh

Pergi Mencari Ikan di Kali Cigunung Salem Brebes, Seorang Pemuda Tak Kembali

INILAHONLINE.COM, BREBES

Yodi Bin Wahyudin (27) pemuda asal Dukuh Selarum Rt. 01 Rw. 03 Desa Indrajaya Kecamatan Salem Kabupaten Brebes, hilang terbawa derasnya arus Kali Cigunung di kampunganya. Minggu (10/2/2019).

Diungkapkan Pejabat Sementara Danramil 13 Salem Kodim 0713 Brebes, Pelda Jahri, bahwa korban berangkat dari rumahnya untuk mencari ikan bersama Darto Bin Supria (40) tetangganya, sekitar pukul 13.30 WIB dengan membawa peralatan tradisional.

“Korban menggunakan jaring kecil untuk menciduk ikan, sehingga harus masuk ke air. Di lokasi, keduanya berpencar dengan maksud mencari sarang ikan,” terang Jahri.

Jahri menerangkan, sekitar kurang lebih pukul 17.05 WIB, Darto kembali ke rumahnya sementar korban belum pulang dan ditanyakan keberadaannya kepada dirinya oleh pihak keluarganya. Dari dugaan sementara, pemuda tersebut diperkirakan hanyut terbawa arus.

Para relawan gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, SAR, Komunitas Bangbara Kecamatan Salem serta masyarakat sekitar melakukan pencarian dengan menyisir kali. Namun sampai dengan pukul 22.00 WIB belum juga ditemukan, “Pencarian sementara dihentikan dikarenakan turun hujan, dikhawatir akan membahayakan para pencari, dan pencarian akan dilanjutkan besok pagi. Sudah ada titik terang pencarian, tim berhasil menemukan jaring yang dipakai korban untuk menangkap ikan di kali cigunung,” ungkapnya.

Jahri pun menghimbau kepada masyarakat lainnya agar tidak beraktifitas di sungai terlebih pasca hujan turun lebat. “Di puncak musim penghujan ini, sangat berbahaya mencari ikan karena sapuan air bah yang datang dari hulu bisa datang kapan saja,” tegasnya.

Jahri menjelaskan tanda-tanda alam akan datangnya air bah, air sungai akan berubah menjadi keruh karena tercampur dengan tanah dan lumpur, “Ada suara gemuruh dari arah aliran sungai atas, itulah pertanda air, lumpur, batu atau batang pohon sedang bergerak mengalir,” jelasnya.

(Aan)

Komentar