oleh

Peringati HUT RI Ke-72, Dompet Dhuafa Ajak Siswa-Siswi Kenalkan Museum Pejuangan Kota Bogor

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Yayasan Dompet Dhuafa menggandeng dua sekolah untuk bersih-bersih Museum Perjuangan di Jalan Raya Merdeka No. 54, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (15/8/2017).

Humas Komunikasi Program Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa Nur Taufan mengatakan, kegiatan yang bertajuk Napak Tilas dan Tutur Veteran dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 sekaligus melakukan kegiatan bersih-bersih. Dalam acara tersebut pihaknya menggandeng siswa-siswi tingkat SD dan SMP untuk Kerja bakti sosial dengan membersihkan museum perjuangan, kondisi museum sendiri sekarang ini sangat perlu di bantu untuk kerapihan tempat dan lainnya.

“Oleh karena itu kami libatkan dua sekolah, sekolah PKBM Munajjiah Ciseeng Bogor dan Mi Miftahul Salam Bogor Barat,” ujar Taufan.

Menurutnya, kenapa pihaknya melibatkan dua sekolah tersebut, setelah melakukan pengecekan dari beberapa sekolah yang menerima program khusus dari Yayasan Dompet Dhuafa, dua sekolah tersebutlah yang masuk dalam kriteria untuk diikutsertakan dalam acara napak tilas dan tutur veteran.

“Sekolah mereka ini lokasinya jauh dari pusat kota dan siswa-siswinya belum pernah sama sekali mengunjungi museum,” paparnya.

Tidak hanya itu, acara tersebut tak hanya mendengarkan para veteran bercerita perjuangan mereka selama melawan penjajahan saja, para siswa-siswi sebelum acara tersebut dimulai pihaknya mengawali dengan mengadakan upacara, lalu di lanjut dengan bersih-bersih museum agar siswa-siswi ini memiliki rasa memiliki dan menjaga sejarah sisa perjuangan dulu yang ada di museum.

Namun demikian, pihaknya pun turut menghadirkan para veteran dari mantan pejuang asal Kota Bogor mereka memberikan pengetahuan dengan berbagai cerita sejarah kepada siswa-siswi , yang kemudian ditutup dengan pemutaran Film Perjuangan.

“Kegiatan ini adalah acara rutin tahunan kami, yang sebelumnya ditahun lalu kami adakan di museum Rangkas dengklok Karawang,” pungkasnya. (Nicko)

banner 521x10

Komentar