oleh

Peringati Isra Mi’raj, Sekda Kota Bogor Ingatkan ASN Sholat Tepat Waktu

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1442 H / 2021M Tingkat Kota Bogor di Masjid At-Taqwa Balai Kota, Jalan Ir H Juanda, Kota Bogor, Rabu (10/3/2021) lalu.

Meski masih dalam suasana Pandemi Covid-19, Peringatan Isra Miraj kali ini berjalan dengan khidmat dan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Peserta yang hadir di Masjid memakai masker, duduk berjarak satu meter dan sebagian lagi mengikuti secara daring.

“Kami membatasi peserta yang hadir di Masjid hanya puluhan orang dari kapasitas ratusan. Tetapi peserta lain mulai dari kepala OPD, lurah sampai Forkompinda mengikuti peringatan zoom meeting,” ujar Kepala Bagian Administrasi dan Kesejahteraan Masyarakat (Adkesra) Setdakot Bogor, Asep Kartiwa.

Aska sapaan akrabnya mengatakan, sesuai dengan tema Isra Mi’raj tahun ini dan sebagaimana yang disampaikan penceramah KH. Muhadjir Effendi sebagai umat muslim jangan sampai lalai dalam mendirikan shalat, termasuk dalam hal ini ASN. Sebagai pelayan masyarakat ASN juga harus rendah hati, saling memuliakan dan bisa berbagai.

“Pada akhirnya peringatan ini untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita sebagai muslim,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah mengatakan, Isra Mi’raj merupakan hari sejarah yang memang harus diperingati karena banyak makna yang terkandung di dalam Isra Mi’raj.

Ia menuturkan, Isra Miraj ini tidak bisa dibaca menggunakan akal, tapi dengan keimanan. Di zaman yang belum ada superjet, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan hanya dalam semalam, dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem.

Kemudian melakukan perjalanan dari bumi naik ke langit ketujuh untuk menerima perintah Allah SWT menjalankan sholat lima waktu dalam sehari semalam.

“Ini hanya bisa dimengerti dengan keimanan, perjalanan Isra Miraj itu kuasa Allah SWT,” ujar Syarifah.

Ia menjelaskan, ada dua garis hikmah dari perjalanan Isra Miraj yakni perintah sholat, ia selalu mengingatkan diri sendiri dan semua ASN agar tidak meninggalkan sholat. Sebab, sholat merupakan ibadah pertama yang akan dihisab.

“Hubungan dengan manusianya diperbaiki dan hubungan dengan Allah lewat sholat, lakukan sholat di awal waktu dan hikmah yang kedua agar kita umat muslim bisa saling mengingatkan dalam kebaikan,” pungkasnya. (ian Lukito)

Komentar