oleh

Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Siapkan Pengembangan Bisnis Untuk Tarik Investor

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah (Perum­da) Tirta Pakuan Kota Bogor mulai menyiapkan rencana dengan matang untuk menarik investor guna meningkatkan pendapatan dari potensi sektor bisnis lain se­lain menyediakan air minum bagi pelanggan.

“Kami tengah mematan­gkan rencana kemungkinan potensi bisnis lain untuk meng­genjot pendapatan, sehingga dalam waktu dekat kami akan membuat feasiblility studies atau studi kelayakan rencana bussines plan atau rencana pengembangan usaha pada tahun depan yakni 2022,” ungkap Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan kepada media, belum lama ini.

Adapun mengenai pengembangan usaha yang sedang disiapkan diantaranya, kemungkinan Perumda Tirta Pakuan akan memproduksi air kemasan, baik yang dijual langsung atau disuplai ke produsen atau juga ada kemungkinan “bermain” menyuplai es batu yang saat ini di Kota Bogor produsen es batu itu-itu saja.

“Beberapa kemungkinan mengenai pengembangan usaha kami itu akan kita jalankan. Sedangkan untuk mwujudkan hal itu, memang kami tidak akan bekerja sendiri, melainkan akan bekerjasama dengan pihak lain atau dengan investor,” jelas Rino.

Namun demikian, Rino mengaku sudah melakukan inventarisasi rencana bisnis secara internal. Nanti selanjutnya tinggal diskusi dan membahasnya dengan pihak lain atau dengan calon investor dalam Forum Discussion Group (FDG) yang telah direncanakan.

“Maka dari itu, mulai akhir tahun ini atau awal tahun depan, kita mulai melakukan pertemuan dengan banyak pihak untuk membuka kerjasama,” ujarnya.

Lebih lanjut Rino mengatakan, pihaknya melalui Sekretaris Daerah Kota Bogor (Sekdakot) dan pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) lainnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat hingga Pemerintah Pusat serta pihak-pihak swasta merancang bussines plan untuk lima tahun ke depan.

“Hal ini kita lakukan agar target Perumda Tirta Pakuan sejalan dengan target Pemkot Bogor, Pmprov Jabar hingga Pemerintah Pusat, sebagai dsar pengajuan Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) ke Pemerintah,” paparnya.

Rino juga menambahkna, rencana pengembangan usaha tersebut hampir semua tidak akan dikerjakan oleh Perumda Tirta Pakuan sendiri, namun menggandeng beberapa pihak. Karena pihaknya ingin tetap di koridor penjual air minum saja.

“Oleh karena itu, sumber pendapatan dari rencana pengembangan bisnis lain itu akan berbentuk sharing profit atau berbagi keuntungan. Jad, dengan sharing profit itu, kita bisa meningkatkan pelayanan pelanggan di kota Bogor,” ucapnya.

Rino berharap, pada kuwatrtal 2022 nanti, Perumda Tirta Pakuan bakal membuka potensi bsinis apa saja untuk perusahaan yang dipimpinnya. Untuk itu, pihaknya mengundang semua p[otensi kerja sama.

“Jadi selain investasi utama, kita suplai air ke pelanggan, maka kita dapat keuntungan dari kerjasama pengembangan bisnis ini, sehingga pelayanan kepada pelanggan tetap kita jaga dan bahkan bisa kita tingkatkan,” pungkasnya. (PH)

banner 521x10

Komentar