Pesisir Barat Berhasil Galang Dana Untuk Donasi Penanggulangan Covid-19

INILAHONLINE.COM, PESIBAR-LAMPUNG

Seluruh Dinas Kabupaten Pesisir Barat berhasil menggalang dana sosial mencapai 10 milyar, yang akan digunakan untuk donasi membantu penangulangan wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pesisir Barat, Drs Surizal Zikri, dinas yang dipimpinnya termasuk salah satu yang ikut berpartisipasi dalam penggalangan dana tersebut untuk membantu penanggulangan pensebaran Covid 19 yang semaki hari bertambah pasiennya.

“Dana yang terkumpul itu, mungkin akan digunakan untuk pengadaan alat kesehatan seperti masker, hand sanitizer dan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis yang telah berjibaku melawan virus Corona serta merawat para pasien,” katanya.

Masih kata Surizal, aalat kesehatan dan APD tersebut akan digunakan oleh para tenaga medis yang akan menangani dan merawat bagi pasien, baik yang masih berstatu orang dalam pengawasan (ODP) maupun pasien dalam Pengawasan (PDP) atau pasien yang positif terjangkit Covid-19.

“Untuk sementara, Dispora dalam rangka mengikuti anjuran pemerintah sesuai protokol kesehatan untuk melakukan sosial dan physical distancing, maka kami menghentikan semua kegiatan, baik semua kegiatan olahraga apapun termasuk olah raga motor cross,” ungkapnya.

 

Menurutnya, semua kegiatan yg berkaitan dengan pertandingan dihentikan semua dan untuk sementara juga merumahkan para pegawainya work from home (WFH) bekerja dari rumah, sambil menunggu keputusan selanjutnya utnuk kembali aktif atau masuk kerja di kantor.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat mencatat pertanggal 24 Maret 2020 mencatat ada 25 orang berstatus ODP virus Corona. Dari 25 orang itu sebanyak 5 orang dinyatakan sehat setelah pemantauan selama 14 hari.

Menurut Kepala Dinkes Pesisir Barat, Tedi Zatmiko, dari data yang dimiliki oleh Dinkes Kabupaten Pesisir Barat, jumlah yang masih dalam pemantauan saat ini sebanyak 20 orang, dari 11 Kecamatan di Pesisir Barat,

“Orang dalam pantauan ini adalah mereka yang dari bepergian dan baru tiba dari Kabupaten Pesisir Barat, dan melaporkan kesehatan mereka di Puskesmas. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) di Pesisir Barat ini tidak ada,” ujarnya

Untuk itu, Kepala Dinkes Pesisir Barat ini menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat guna mencegah pensebaran Covid-19 tersebut dengan Gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) dan perilaku hidup bersih dan sehat.

(CJ/Lisman)

banner 521x10

Komentar