oleh

Polres Jakarta Utara Bongkar Penimbunan 60 Ribu Masker di 2 Lokasi Berbeda

INILAHONLINE.COM, JAKARTA

Polisi membongkar dugaan penimbunan masker sebanyak 60 ribu, di Jakarta Pusat. Dalam mengamankan barang bukti itu polisi mengamankan dua orang yang diduga sebagai pemilik masker puluhan ribu masker tersebut.

“Ya benar sebanyak 60 ribu masker (diamankan),” kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto saat dihubungi wartawan, Kamis (5/2/2020).

Kombes Budhi juga belum bisa membeberkan terkait banyaknya penemuan masker tersebut yang sangat tidak wajar. Polisi melakukan pengamanan di dua lokasi yang berbeda. Tempatnya yakni di Jakarta Utara dan di Jakarta Pusat.

“Satu di Pademangan, satu pengembangan di Jakarta Pusat,” kata Budhi.
Terkait pengungkapan itu, polisi mengamankan dua pelaku. Saat ini dua pelaku tengah diperiksa secara intensif oleh kepolisian.

Masker Hasil Sitaan Bakal Dijual dengan Harga Normal

Jajaran Polres Metro Jakarta Utara berencana akan menjual hasil sitaan atau barang bukti sebanyak 60 ribu ke masyarakat. Langkah tersebut diambil untuk membantu masyarakat yang saat ini kesulitan membeli masker, di tengah merebaknya virus corona (Covid-19).

“Ketimbang saya simpan masker sebagai barang bukti. Padahal itu sekarang lagi dibutuhkan masyarakat. Maka kami lakukan diskresi. Hal itu diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2002. Demi kepentingan umum masyarakat luas,” tutur Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, saat dikonfirmasi, Kamis (05/03/2020).

Menurut Budhi, pelaku penimbunan ingin menjual 60 ribu masker yang ditimbun dengan harga mahal. Namun, karena sudah terungkap, polisi pun akan menjual masker dengan harga normal.

“Jadi saya sudah panggil Dinkes tadi. Harga masker di kita sebelum kenaikan harga Rp22.000 per boks,” tutur dia.

Hanya saja Budhi menekankan, pembelian masker oleh masyarakat juga akan dibatasi. Sehingga mereka tidak bisa memborong masker hasil timbunan itu.

“Nanti penjualan kami batasi. Setiap orang datang beli kami batasi 10 lembar, sudah kami masukkan ke plastik,” pungkasnya.

(pmj/Cecep A)

Komentar