oleh

Polres Magelang Lakukan Penghijaun Tanam 150 Bibit

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Jajaran aparat di Polres Magelang, melakukan penghijauan dengan penanaman 150 bibit pohon. Kegiatan tersebut dilakukan serentak, Jumat (10/1), dengan tema Polri Peduli Penghijauan untuk mendukung ruang hijau.

Kapolres Magelang, AKBP Pungky Bhuana Santoso, menanam bibit pohon di halaman Mapolres Magelang, diikuti seluruh pejabat, perwira, PNS Polri, dan lainnya.

“Harapan kami ini bisa menjadi semangat dari kita semuanya untuk memulai kehidupan yang lebih alami, dengan cara menanam pohon. Mudah-mudahan nantinya anggota kami mendapatkan pudara yang segar terutama penghijauan di Kabupaten Magelang,” kata AKBP Pungky.

Penanaman pohon, juga dilakukan serentak di wilayah Polres Magelang dengan menginstruksikan Babinkamtibmas, dan tidak hanya terfokus di area Polres saja. Kegiatan tersebut juga untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menghijaukan bangsa Indonesia, terutama mengurangi potensi bencana tanah longsor, dan sebagainya.

“Setelah kegiatan ini kami akan bekerja sama dengan BPBD, untuk menanam tanaman vetiver yang berfungsi sebagai pengikat tanah mencegah tanah longsor,” jelasnya.

Tanaman vetiver atau yang lebih dikenal dengan akar wangi, memiliki kemampuan untuk mencegah tanah longsor dan erosi, yang dapat menahan gempuran aliran hujan deras dan menjaga kestabilan tanah sebagai langkah upaya mitigasi bencana.

“Lokasi mana saja yang akan ditanam akan kami koordinasikan dengan BPBD, kemungkinan di wilayah Grabag, Salaman, dan daerah lainnya yang berpotensi rawan longsor,” papar Pungky.

(Ali Subchi)

Komentar