oleh

Potensi PAD DOB Bogor Timur Rp 500 Miliar Per Tahun

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Daerah Otomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor Timur diperkirakan mencapai Rp 500 Milar. Hal itu dikatakan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman.

“Bogor Timur layak menjadi Kabupaten Bogor, karena  PAD-nya mencapai Rp 500 miliar. Oleh karena itu, potensi ekonomi di Bogor Timur pun sangat mendukung untuk dijadikan sebagai DOB,” ujar Politisi PPP itu.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan DPRD Jawa Barat telah menyetujui pemekaran wilayah otonomi baru yang disetujui adalah Kabupaten Bogor Timur dan kedepan DOB Bogor Timur akan menjadi Kabupaten Bogor Timur.

“Dengan disetujuinya Bogor Timur menjadi daerah otonomi baru merupakan kabar gembira. Sebab itu, DPRD Kabupaten Bogor akan terus mengawal pemekaran ini,” tandasnya.

Lebih lanjut Usep mengatakan, PAD (Pendapatan Asli Daerah) Bogor Timur sudah cukup tinggi yaitu Rp 500 miliar per tahun. Dibandingkan dengan Bogor Barat, lanjut dia, Bogor Timur malah lebih tinggi dari sudut PAD.

“Bogor Barat malah hanya Rp 182 miliar per tahun. Tetapi dengan masuknya investor di beberapa wilayah seperti Tenjo, Parungpanjang dan Rumpin, PAD Bogor Barat bisa akan naik,” kata Usep kepada media di CIbinong.

Dengan terpenuhinya segala persyaratan ini, Pemkab Bogor dan DPRD Kabupaten Bogor sepakat untuk mengusulkan DOB Bogor Timur. pembentukan DOB Bogor Timur dan Bogor Barat ini akan diusulkan dalam moratorium parsial pembentukan DOB baru oleh pemerintah pusat.

“Kalau di Pemkab dan DPRD sudah beres. Sekarang prosesnya ada di provinsi Jawa Barat. Sekarang kan sedang moratorium. Kabarnya nanti ada moratorium parsial bersama pembentukan DOB baru di Papua,” tutur Usep.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto juga menyambut baik persetujuan DPRD Provinsi Jawa Barat untuk memekarkan Bogor Timur.

“Ini kabar baik untuk warga Bogor Timur. Kami akan terus mengawal hingga pemekaran Bogor Timur resmi dilakukan. Ini demi kepentingan masyarakat Bogor Timur mendapatkan pelayanan,” imbuh Politisi Partia Gerindra tersebut.

Sebagai informasi, wilayah Kabupaten Bogor Timur nanti,  terdiri dari 7 wilayah kecamatan, 75 desa dengan jumlah penduduk sebanyak 1,5 juta jiwa dan wilayah Bogor Timur meliputi Kecamatan Gunung Putri 10 desa, Cileungsi 12 desa,  Klapanunggal 9 desa., Jonggol  14 desa, Cariu 10 desa , Sukamakmur 10 desa,  dan Tanjungsari 10 desa.

Untuk peta wilayah dan batas wilayah yakni, sebelah Utara berbatasan dengan Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kota Depok.  Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Bekasi, Karawang dan Purwakarta. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Cianjur.  Sedangkan sebelah Barat berbatasan dengan Kota Depok dan Kabupaten Induk atau Kabupaten  Bogor.  (Piya Hadi)

Komentar