oleh

Produk Hasil 65 UKM Jateng Dipasarkan Ke Palembang

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Produk fashion, batik craft dan makanan yang di produksi oleh 65 UKM di Jawa Tengah, akan dipasarkan ke Palm bang pada 8 – 9 November 2019. Para Umkm tersebut akan mengikat I event beritaku Jawa Tengah UKM Dekranas Expo di Palembang Indah Mall (PIM) Kota Palembang.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Jateng Ema Rachmawati mengatakan, dalam kegiatan itu para pelaku UKM akan mempertaruhkan ketrampilan dan kemampuan mereka memastikan produk nya, bernegosiasi dan menangkap peluang pasar di Palembang. Mereka adalah UKM yang bergabung dengan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Koperasi UKM Jateng.

“Kegiatan ini yang menginspirasi adalah Ketua Dekranasda Jawa Tengah (Ibu Atikoh Ganjar Pranowo). Dengan harapan produk produk tersebut, di suka I dan diminati oleh masyarakat dan dunia usaha disana,” katanya dalam acara komperensi Pers dengan awak media di gedung gubernuran Semarang, Rabu (6/11/2019).

Di jelaskan, dalam gelaran yang sama waktu di Samarinda tahun 2018 lalu, turut serta 41UKM untuk expo dengan omzet Rp 683.266.500. Pihaknya berharap hal serupa bisa menularkan di Bumi Sriwijaya Palembang.

“Dalam kegiatan ini telah terjalin kerjasama pelatihan tentang renunciation UKM Khazanah dari Cilacap dengan UKM di Samarinda, dengan fasilitas dari manajemen Big Mall gratis selama enam bulan,” paparnya.

Namun demikian, Menurutnya, dari kegiatan ini pihaknya berharap berbagai potensi produk kreasi unggulan UKM Jateng di kenal, serta terjalin kuat hubungan kerjasama kemajuan UKM Lintas daerah. Bahkan terjalin kontak bisnis pelaku usaha dengan buyer reseller, masyarakat luas yang ditunjukan untuk meningkatkan volume penjual an produk UKM Jateng.

“Kami juga memberikan informasi sekaligus bahan riset trend dan dinamika pasar, membangun jaringan padar/kontak bisnis bagi berbagai produk Jateng yang marketable. Sekaligus mendorong peran serta lembaga ZBUMN, BUMD, dan Swasta dalam memajukan UKM Jateng,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan di Palembang dimulai dari Pameran Produk Unggu Lan UK Jateng Business Meeting Buyer dan Reseller, Fashion Show Never Ending Story of Jateng Iconic Batik, lomba mewarnai 500 anak PAUD, Vlog Competition UKM Jateng naik kelas dan Jateng UKM Expo, Kontestasi Busan a Ada Jateng, Gelar Senin Budaya Jateng serta pengambilan artis Sruti Respati.

“Jadi keunggulan UKM yang akan ikut ke Palembang, memiliki keunikan, kontinuitas produk, bukan perdagang, namun mereka adalah pengrajin yang membuat produk tersebut, memiliki kemssan yang baik, ready to wear dan memiliki karakteristik produk khas Jawa Tengah, “pungkasnya.

(Suparman)

Komentar