oleh

PT KAI DAOP IV : Atasi Mudik dan Balik Lebaran 2019 Siapkan Kereta Tambahan

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop IV Semarang akan menyiapkan rangkaian kereta api tambahan khusus arus mudik dan balik lebaran 2019. Namun dari julah kereta api yang ada jika ditambah, maka total ada tujuh ranglaian kereta api yang disiapkan pada lebaran tahun ini.

”Ketujuh KA tersebut akan beroperasi selama 22 hari atau dimulai 26 Mei hingga 16 Juni 2019,”ujar Krisbiyantoro Manager Humas daerah PT KAI IV Semarang di Semarang.

Menurutnya, ketujuh rangkaian itu terbagi menjadi dua kategori, yaitu Kategori pertama, berjumlah 3 rangkaian yang merupakan KA di PT KAI Daop IV Semarang, yakni KA Argo Sindoro lebaran, KA Argo Muria lebaran, dan KA Tawang Jaya lebaran.

”Ketiga KA tersebut layani 6 kali perjalanan setiap hari dari Semarang ke Jakarta, baik tujuan Stasiun Gambir maupun Pasar Senen,”paparnya.

Adapun 4 KA tambahan lain itu disebut KA Terusan yakni KA Kerta Jaya lebaran, KA Brantas lebaran, KA Sembrani lebaran, dan KA Mata Remaja lebaran.

Masing-masing rangkaian melakukan 8 kali perjalanan melintas Semarang.
“Jadi total ada tambahan 14 perjalanan. Dan itu diharapkan dapat mengantisipasi lonjakan momen arus mudik maupun balik lebaran tahun ini,” terang Krisbiyantoro, Rabu (8/5/2019) di kantor PT KAI Daop IV Jalan MH Thamrin Nomor 3, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang.

Namun demikian lanjut dia, KA reguler di wilayah PT KAI Daop IV Semarang telah menyediakan 4.698 kursi dan 1.800 kursi pada KA tambahan setiap harinya.

”Adapun KA transit reguler sejumlah 22.228 kursi dan 6.120 kursi pada KA tambahan,”ujarnya

Krisbiyantoro menambahkan, pihaknya memperkirakan puncak arus mudik melalui jalur KA terjadi pada H-6 lebaran dan puncak arus balik pada H2+4 lebaran.

”Yang jelas waktu terjadinya peningkatan penumpang diperkirakan bakal tejadi mulai H-10,”pungkasnya.

(suparman)

Komentar